oleh

Warga Keluhkan Limbah Pabrik Tahu di Oeekefan

-Daerah-70 Dilihat

Soe, Terasntt.com – Pengaduan masyarakat RT 04 dan RT 03 RW 002 terkait limbah pabrik tahu di Kelurahan Oeekefan ditanggapi oleh BLHD TTS.

Pemilik pabrik tahu Tryanto kepada media mengatakan bahwa pihaknya bersama 34 Kepala Kelurga (KK) membuat surat pengaduan terkait limbah pabrik tahu yang sangat mencemarkan dan bau tidak sedap.

Triyono minta pihak dinas terkait turun lapangan untuk memastikan agar tau kondisi yang sebenarnya.

Ia menambahkan pabrik tahu tidak ada limbah, kalau limbah rumah tangga berupa cucian dan itu sudah ada bak penampungan.

Youngky Tasuib Kabid PPLH BLHD TTS kepada media menjelaskan
Hasil pantauan tertanggal (07/08/2018) dilapangan, pabrik Tahu ternyata ditemukan juga ada pabrik tempe yang beroperasi yang pemiliknya sama atas nama Daman sutarmo dan belum mempunyai ijin oleh karenanya disarankan untk bak penampungan atau peresapan.

“Kami sudah sarankan untuk buat penampungan karna limbah cair langsung buang ke kali,” ujarnya.

lebih lanjut, katanya jika tidak indahkan maka akan dihentikan sambil menunggu proses pengurusan perizinan bahkan kalau membangkang akan ditutup.

Lurah Oekefan Musa Missa ketika dikonfirmasi membenarkan pengaduan masyarakat RT 003 &RT 004 RW 002 sebanyak 34 kk 20 dari oeekefan dan 14 dari Desa Oinlasi.

Menurutnya sudah diselesaikan di tingkat kelurahan tentang Limbah dari pabrik dan bahkan sudah cek sumber air sehingga
solusinya masyarakat diminta untuk menjaga lingkungan, buat bak resapan, wajib buat lubang sampah dan ilarang buang limbah ke kali.(sys)

Komentar