oleh

Warga Atambua Minum Air Kali

-Daerah-25 Dilihat

ATAMBUA, Terasntt.com – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga di Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua Kabupaten Belu, hingga saat ini masih mengkonsumsi air kali.
Pantauan wartawan di lokasi itu, Selasa (27/10) petang, warga yang berdomisili di kelurahan itu berbondong-bondong mendatangi kali Toro dengan membawa menggunakan jerigen serta ember untuk mengambil air.
Salah seorang warga, Tanta Tesia saat berbincang dengan wartawan mengatakan, warga sejak lama menggunakan air kali untuk konsumsi.
“Saya sudah tiga tahun tnggal di Kelurahan Manumutin ini, untuk kebutuhan tiap hari kami pakai air kali ini,habis mau bagaimana mau beli air tanki kami tidak ada tempat penampung air,terpaksa kami ambil saja air kali,” ujarnya.
Ia berharap perlu adanya perhatian pemeirntah untuk memberikan pelayanan air bersih yang sehat kepada warganya.
“Kalau sekarang Pemerintah katanya lagi giat-giat bangun wilayah perbatasan bagaimana dengan kami yang tinggal dalam kota ini, apa selamanya kami harus seperti ini,” katanya.
Lurah Manumutin, Frans Leo Soro mengakui, warganya mengalami kesulitan air sehingga menggunakan air kali untuk konsumsi sehari-hari.
“Saya sering berkunjung ke masyarakat dan saya lihat memang warga di sini masi memakai air kali untuk konsumsi sehari-hari,” ujarnya.
Ia menambahkan, dirinya telah berulang kali menyurati Pemkab Belu untuk menyikapi persoalan itu namun belum pernah ditanggapi.
“Saya sudah beberapa kali buat surat ke Pemda tapi tidak ada respon dari pemerintah. Kita ini seperti anak tiri hanya bisa membuat surat tapi tidak ada respon Pemerintah,” ujarnya.(ino)

Komentar