oleh

Usai Diklat, 16 Pemuda Dibekali Peralatan

-Ekbis-20 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Sebanyak 16 pemuda dari berbagai kelurahan di Kota Kupang mengikuti pendidikan dan letihan (Diklat) keterampilan. Selain mendapatkan sertifikat, mereka juga dibekali sejumlah peratalan kerja untuk membuka usaha.

” Para pemuda peserta Diklat ini telah melakukan praktek diberbagai tempat usaha lewat pendampingan unit Pelayanan Teknis (UPT) pelatihan tenaga kerja NTT. Pelatihan diikuti 16 orang selama 20 hari,” kata Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kota Kupang, Yerry Padji Kana saat penutupan diklat di Aula UPT. Nakertrans Kupang, Selasa (22/3/2016).

Menurutnya, para peserta Diklat didampingi instruktur dari UPT Pelatihan Tenaga Kerja NTT, telah magang diberbagai bengkel las yang ada diKota Kupang dan mereka mampu menunjukan selam 20 hari mengikuti diklat.

” Mereka semua peserta sudah sampai ke tingkat mahir untuk melakukan pekerjaan las. Selama 20 hari efektif mereka mengikuti diklat serta di tempat magang menunjukan kualitas yang baik,” katanya.

Sementara Wakil Walikota Herman Man, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berupaya untuk memberikan perhatian khusus bagi Pemuda dan pekerja trampil bengkel las yang belum mampu mengembangkan minat dan bakatnya agar di didik dan dilatih dibekali ilmu dan ketrampilan untuk semakin mahir dalam kecakapan profesinya.

Selain itu, lanjutnya Pemkot Kupang juga memberikan sertifikat kelayakan usaha, modal dan peralatan agar mampu mengembangkan usaha secara mandiri, dan juga berlaku bagi mereka yang tekun dibidang ketrampilan yang lain.

” Bengkel las itu jenis usaha yang memiliki peluang yang cukup besar, jasa yang diberikan lewat bengkel las banyak dibutuhkan oleh masyarakat, semua peserta ini sudah dididik, dilatih, dibekali ilmu dan ketrampilan, serta sudah diberikan sertifikasi layak usaha, modal dan peralatannya. Kami serius membantu mereka untuk mandiri dalam usahanya. Kami juga akan bantu mereka yang punya ketekunan dibidang ketrampilan usaha yang lainnya,” tegas Man.

Dia menambahkan, semua peserta sudah terdaftar secara resmi dan mendapatkan kartu anggota oleh BPJS ketenagakerjaan kota Kupang serta akan mendapatkan pelayanan perlindungan tenaga kerja secara optimal. (man)

Komentar