oleh

TNI Didesak Bentuk Kodam di NTT

-Nasional-20 Dilihat

OELAMASI, Terasntt.com – Warga di Kabupaten Kupang mendesak pihak Tentara NAsional Indonesia (TNI) untuk pembentukan Komando Daerah Militer (Kodam) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).
Hal itu dikemukakan tokoh masyarakat Kabupaten Kupang, Anselmus G. Djogo saat berbincang dengan wartawan di kediamannya, Selasa (21/10/2015) kemarin.
Penggagas Kampung Toleransi antara umat beragama di Naibonat, Kecamatan Kupang Timur ini mengatakan, pembentukan Kodam di NTT sangat urgen dilakukan meningat wilayah NTT yang cukup luas terdiri dari pulau-pulau serta letak wilayah NTT yang berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste dibutuhkan pengamanan yang ekstra ketat.
“Kita sangat mengharapkan agar TNI AD mendirikan Kodam baru di NTT,” katanya.
Untuk pembentukan Kodam TNI di NTT lanjut Anselmus, beberapa waktu lalu pihaknya telah menyampaikan langsung ke Korem 161 Wirasakti Kupang.
Bahkan kata dia, untuk pendirian Kodam baru di NTT, Pemerintah Kabupaten Kupang telah menyatakan kesiapannya menyediakan lahan. Secara politis, lanjutnya, Fraksi PKPI di DPRD Kabupaten Kupang telah menyuarakan hal itu di DPRD Kabupaten Kupang.
“Pemkab Kupang merespon sangat baik dengan usulan PKPI,” ujar Ketua DPK PKPI Kabupaten Kupang ini.
Bila di NTT didirikan Kodam baru tambahnya, selain keamanan wilayah terjangkau, pergerakan perekonomian masyarakat dipastikannya mengalami peningkatan.
“Kita mengharapkan supaya TNI serius untuk mendirikan Kodam di NTT. Kita juga mengharapkan agar Pemerintah Pusat dan DPR RI asal Dapil NTT memperjuangkan ini sampai berhasil,” tandasnya.(bet)

Komentar