oleh

Telat Ikut Sidang, DPRD Sindir Pejabat Pemkot

-Politik-28 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang menyindir pejabat di lingkup Pemeirntah Kota Kupang yang kerap terlambat saat sidang di gedung DPRD.
Hal ini dikemukakan anggota DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli kepada wartawan di gedung DPRD Kota Kupang, Rabu (7/10/15).
Ia menyebut para pejabat di lingkup Pemkot Kupang munafik. Pasalnya, para pejabat di lingkup Pemkot akan aktif menghadiri sidang bila dihadiri Walikota Kupang, Jonas Salean.
Untuk menjelang pelaksanaan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kupang, akhir Oktober 2015 mendatang, para pejabat di lingkup Pemkot diingatkannya supaya aktif mengikuti persidangan.
“Pembahasan APBD TA.2016 segera digelar sehingga pemerintah harus benar-benar menjaga kemitraan dengan DPR. Semua pimpinan SKPD harus proaktif,” tandas politisi asal PDIP Kota Kupang ini.
Selain itu, Pemkot juga diingatkannya agar tak hanya formalitas menghadiri persidanga.
“Jangan Walikota ada baru pimpinan SKPD semua hadir sidang tetapi kalau jika Walikota tidak hadir, pimpinan SKPD juga tidak hadir,” katanya.
Setiap pembahasan dalam persidangan menurutnya, merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan DPRD sehingga pemerintah harus proaktif.
Menjelang pelaksanaan sidang tiga nanti, pemerintah diingatkannya supaya tepat waktu memasukkan dokumen. Sebab menurutnya, selama ini Pemkot kerap terlambat memasukan dokumen persidangan.
Keterlambatan itu kata dia, disebabkan karena ketidaksiapan pemerintah dalam menyiapkan dokumen persidangan secara baik.
“Sidang kemarin saja berlarut-larut sehingga Banmus selalu gelar rapat pembentukan jadwal lagi. Ini karena ketidaksiapan pemerintah dalam menyiapkan dokumen,” tegasnya.
Pada hal kata dia, sesuai aturan satu minggu sebelum sidang dimulai dokumen sudah dimasukkan untuk dipelajari DPRD baik di tingkat komisi maupun Badan Anggaran (Banggar).
“Saat sidang Banggar untuk pembahasan anggaran kemarin, RKA belum juga dibagi ke DPRD dan ada kesalahan-kesalahan sehingga sidang tidak berjalan sesuai jadwal yang ada,” katanya.(rif)

Komentar