oleh

Suksesnya Pembangunan Daerah Tergantung Semua Pihak

-Daerah-82 Dilihat

Kupang,Terasntt.com,- Suksenya suatu pembangunan di daerah tergantung pada semua pihak baik itu pemerintah, swasta dan masyarakat.

Hal ini diungkap Asisten I Setda Kota Kupang, Yos Rerabeka pada saat membuka kegiatan rapat fasilitasi penyelenggaran kerjasama antara pemerintah daerah tahun 2018, dengan mengunsung tema “Kolaborasi kerjasama daerah dalam rangka peningkatan pelayanan publik”, yang dilaksanakan di   Hotel On The Rock Kupang, Rabu (12/12).

Kegiatan yang digelar oleh Bagian Kerjasama Setda Kota Kupang tersebut, Rerabeka mengatakan, keterlibatan berbagai pihak sangatlah penting melalui koordinasi dan kerjasma untuk membangun daerah sesuai dengan apa yang diharapkan dapat tercapai.

” Tujuan dari rapat ini bagaiman semua pihak yang terlibat didalamnya bisa menyatuhkan presepsi untuk pembangunan daerah guna bisa meningkatkan kesejatheraan masyarakat,” lanjutnya Rerabaeka. Apa pun persoalan yang terjadi tentunya merupakan persoalan bersama, sehingga bagaimana memecahkan persoalan tersebut dibutuhkan suatu solusi bersama.

“Saya berharap melalui kegiatan ini bisa menghasilkan sebuh rekomendasi dari semua pihak akan kerjasama yang selama ini telah dijalin bersama dalam hal,” pinta Rerabeka

Sementara itu ketua panitia pelaksana kegiatan Kepala Bagian Kerjasama Setda Kota Kupang, Debora Panie mengatakan, dengan diberlakukannya Undang-Undang No.23 tahub 2014  tentang Pemerintahan Daerah, memberi ruang yang seluas-seluasnya bagi sinergitas penyelenggaraan Kerja Sama Daerah antara Pemerintah Daerah dengan semua pemangku kepentingan.

Pemerintah detah dapat menerpakan kebijakan lokal secara bijaksana dengan memaksimalkan pelayanan publik melalui koordinasi dan kerjasama untuk membangun daerahnya demi kesejatheraan masyarakat.

“Keterlibatan berbagai pihak pihak memiliki peran penting untuk membantu pemerintah mengingat tidak semua aktivitas pembangunan maupun maupun pelayanan publik, dapat dikerjakan sendiri karena keterbatasan keahlian SDM dan finansial,” kata Panie.

Kegiatan dengan.mengahadirkan narasumber Dr. Jwny Eoh tersebut, Panie  mengaku, tidak dipungkiri bahwa didalam penyelenggaran kerjasama darrah tersebut, pemerintah daerah perlu mencari solusi atas persoalan dengan melibatkan berbagai stakeholder  diantaranya BUMN/BUMD, perguruan tinggi, media massa, masyarakat, LSM dan NGO untuk menyelesaikan persoalan pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan ini  menciptakan kerjasama antara pemerintah dannpuhaknketiga dalam rangka peningkatan pelayanan publik, menvoptimalkan peran dan fungsi tim koordinasi kerjasama daerah dalam penyelenggaraan kerjasama daerah, dan menyatuhkan presepsi tentang pentingnya kerjasama daerah dengan pihak ketiga,” tutur Panie.(Yon)

Komentar