oleh

SIDa Dalam Prospek Membangun NTT

-Daerah-76 Dilihat

KUPANG, Tersantt.com — Memasuki era globalisasi program semua tatanan pembangunan mengikuti perkembangan teknologi. Sistem Inovasi Daerah (SIDa) menjadi program prioritas Pemerintah untuk mengarahkan perencanaan pembangunan yang lebih baik.

SIDa merupakan hal yang sangat penting bagi pengembangan sebuah daerah, dengan SIDa berarti segala perencanaan pembangunan lebih terarah dan mampu melakukan inovasi pembangunan daerah secara berkesinambungan.

“Saya pikir SIDa ini hal yang sangat penting dan memiliki prospek untuk pembangunan daerah,sehingga SIDa bagi suatu daerah adalah penting bagi inovasi pembangunan di daerah,” kata Asisten I, Setda Kota Kupang, Yos Rera Beka ketika membuka kegiatan sosialisasi SIDa yang diselenggarakan Badan Litbang Daerah (Balitbangda) Propinsi NTT di Aula Bappeda Kota Kupang, Rabu (16/12/2015).
Pada kesempatan yang sama Kepala Balitbang NTT, Kosmas D.Lana menegaskan, bahwa sosialisasi SIDa sangat penting guna mendorong inovasi daerah untuk meningkatkan perencanaan pembangunan dan juga memberikan ruang bagi daerah agar bisa inovasi sesuai kemampuan lokal yang potensial sehingga kajian-kajian daerah menjadi sumber potensi inovasi bagi daerah itu sendiri.

” Banyak kajian dan penelitian yang sudah dibuat Balitbang NTT, ternyata inovasi lokal atau daerah memiliki potensi yang baik bagi perencanaan pembangunan daerah itu sendiri,” tegasnya.

Secara terpisah Kepala Bappeda Kota Kupang, Elli Wariata saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, peran SIDa adalah sebagai panduan yang memadai bagi perencanaan pembangunan daerah dan diharapkan lewat SIDa akan muncul inovasi-inovasi daerah yang mempunyai kualitas yang lebih memadai. (man)

Komentar