oleh

Serentak Penyaluran BLT Tahap II dan III Di Ile Ape Timur

-Daerah-83 Dilihat

Bupati Lembata Eliaser Yenjti Sunur  menyerahkan  BLT Tahap II dan III di Kecamatan Ile Ape Timur, Jumat (29/5/2020)

Lewoleba, teras-ntt.com — Sukses penyaluran tahap pertama, kini Pemerintah Kabupaten Lembata kembali menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) serentak tahap II dan III di Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata. Bantuan khusus bagi warga miskin di tujuh desa yang terdampak covid-19 ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur di kantor camat setempat, Jumat (29/5/2020).

Dalam sambutannya Bupati Sunur mengatakan, bahwa BLT yang diberikan kepada masyarakat merupakan bagian dari dampak ekonomi yang dialami masayarakat sebagai akibat dari diberlakukannya pembatasan jaringan sosial guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

“ Proses realisaasi BLT-DD kabupaten kita paling pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ini merupakan kerja keras dan kesadaran para kepala desa yang secara cepat merealisasaikan BLT kepada masyarakat desanya,” ucap Sunur.

Kemungkinan pembagian BLT ini akan berlanjut hingga bulan September mendatang. Hanya saja jumlah BLT yang akan diberikan sebanyak 300 ribu saja, dan kita harus menunggu hingga ada surat resmi dari Kementrian Desa, lanjutnya.

Yentji Sunur berharap agar para kelapa desa terhitung dari sekarang menyisikan dana belanja tak terduga sebesar Rp 900 ribu/ KK sesuai jumlah penerima BLT saat ini di desanya masing-masing. ” Para kepala desa juga tidak perlu melakukan musyawarah lagi, tetapi langsung di realisasaiakan jika sudah ada arahan resmi dari Kementrian Keuangan dan Kementrian Desa,” tegasnya.

Hadir dalam kesempatan ini Ketua TP PKK Yuni Damayanti, Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Gero, pihak OPD, para kepala Desa dan Ketua BPD se kecamatan Ile Ape Timur, Camat Ile Ape Timur,  Yeseph Raya Langoday.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD, Petrus Gero memberikan apresiasi dan juga rasa bangga atas acara dalam penyaluran BLT-DD tahap satu sebelumnya dengan tuntas.

” Hari ini kita menyalurkan BLT-DD tahap Kedua Dan Ketiga. Ini karena berkat kerja keras kita semua, sehingga 144 desa dapat tersalurkan secara baik,” kata Petrus.

Sementara Camat Ile Ape Timur, Yoseph Raya dalam laporannya mengatakan, bahwa penyaluran BLT-DD terkait dampak Covid-19 terhadap keluarga yang kurang mampu non penerima program PKH dan Rasta.

” Ijinkan saya melaporkan data pencegahan dan penanganan covid-19 di kecamatan ini Pelaku perjalanan dan ODP sampe saat ini tidak ada. Pembetukan tim tugas gugus penanganan Covid-19 berdasarkan regulasi yang berlaku,” kata Yoseph.

Jumlah pos jaga di Kecamatan Ile Ape Timur yang aktif 13 pos. Tugas mereka adalah menjaga areal pantai untuk mencegah pelaku perjalanan secara ilegal. Roda perekonomian masyarakat tidak maksimal. Akan tetapi masyarakat merasa cukup nyaman, lanjutnya.

Bupati Lembata Eliaser Yenjti Sunur  menyerahkan  BLT Tahap II dan III di Kecamatan Ile Ape Timur, Jumat (29/5/2020)

Adapun pengedalian harga pasar dan bahan pokok, lanjutnya masih juga belum stabil hingga saat ini. “Sekarang juga sudah ada pasar dadakan yang dilakukan di desa – desa. Kita akan terus melakukan pengendalian bahan pokok dan barang lainya, untuk di tingkat kecamatan dan desa kedepanya akan disesuaikan dengan petunjuk yakni para pedagang akan dilengkapi dengan kartu identitas  yang baru – baru ini sudah di lounching oleh bapak Bupati Lembata Eliaser Yenthji Sunur,” ujarnya. 

Yoseph mengatakan, penyaluran BLT ini juga melibatkan beberapa instansi  di tingkat kabupaten, termasuk Koramil dan Babinsa Kasub Sektor Kecamatan Ile Ape Timur serta Babin Kantibmas. Total jumlah penerimah BLT tahap dua dan tiga adalah  718 KK, plus 16 KK,  dengan nilai uang Rp.  861.600.000.(van)

Komentar