oleh

Satpol PP Kota Kupang Tertibkan Lapak Pedagang Daging di Tepi Jalan

-Daerah-58 Dilihat

Kupang,Terasntt.com,- Dalam rangka menjaga keindahan dan kenyamanan di Kota Kupang, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Kupang  melakukan operasi penertiban lapak para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di tepi jalan protokol.

Pasalnya, sekarang ini banyak ditemui pedagang kaki lima yang membuat lapak untuk berdagang di jalan protokol, terutama pedagang daging.

Penertiban yang dipimpin langsung Kasat Pol PP bersama semua Kabid dan Kabag Ops Sat Pol PP Kota Kupang, pada Rabu (29/5).

Dia menjelaskan, Sat Pol PP melakukan operasi penertiban ini, karena sebelumnya telah dilakukan peneguran dengan cara persuasif, yaitu melakukan pendekatan kepada pedagang dan menjelaskan aturan yang berlaku.

“Dalam penertiban ini  langsung membongkar tempat usaha para pedagang,  karena sebelumnya sudah diberitahu dan mereka mengaku siap membongkar secara sendiri, namun hingga operasi penertiban para pedagang ini masih juga tetap berjualan,” kata mantan Kadis Sosial tersebut.

Dikatanya, operasi penertiban ini merupakan operasi rutin yang sudah diperintahkan oleh kepala daerah guna melakukan penertiban pedagang daging di tepi jalan.

“Dilihat dari segi kesehatan, daging yang dijual  juga bisa berisiko tidak sehat, karena dijual di tepi jalan dan dikhawatirkan akan terkena debu dan kesehatan daging tidak bisa dipastikan.

“Daging yang dijual inikan tidak diketahui sehat atau tidak, maka pemerintah punya kewajiban melindungi konsumen,” lanjutnya.Berkaitan dengan ini belum  ada laporan masyarakat akan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan dari membeli daging  dari para pedagang di tepi jalan tersebut, tetapi ini bagian dari langka antisipasi yamg perlu dilakukan pemerintah.

“Kota ini harus ada yang mengatur yakni pemerintah setempat, sehingga semua orang pun tidak punya kehendak menjual produk dipinggiran jalan apa lagi ini daging.Sebab pemerintah telah menyiapkan pasar sebagai tempat perdagangan,”  tegasnya.

Ditambahkannya, operasi ini tidak hanya pada pedagang daging, tetapi juga pelaksanaan kegiatan dagang yang dilakukan di depan Hipermart ditepi jalan juga akan ditertibkan.

” Untuk mereka yang berjualan produk murah berupa sendal atau apa pun itu ditepi jalan depan Hipertmart tiap sore sudah kami ingatkan, jika masih maka kami akan tertibkan,” tuturnya.(Yon)

Komentar