oleh

Sambut Hari Raya Natal & Tahun Baru, BI NTT Siapkan Uang Rp 2,2 Triliun 

KUPANG, terasntt.id — Untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat menghadapi hari besar keagamaan dan hari libur NATARU (Natal dan Tahun Baru) 2023, Bank Indonesia menyiapkan uang Rupiah sebesar Rp2,2 triliun di NTT. Uang yang disiapkan tersebut lebih besar daripada proyeksi kebutuhan masyarakat yang diperkirakan sebesar Rp1,9 triliun.

Lebih lanjut Donny mengatakan, bahwa tingginya jumlah uang yang disiapkan oleh Bank Indonesia tersebut menunjukkan komitmen untuk senantiasa mendorong kelancaran sistem pembayaran engan menyediakan kecukupan uang Rupiah kartal di masyarakat dengan nominal yang cukup pecahan dan denominasi yang sesuai serta dalam kondisi layak edar.

” Proyeksi tersebut lebih tinggi dibandingkan realisasi penarikan uang pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,8 triliun. Peningkatan tersebut didasarkan pada pertumbuhan ekonomi di NTT yang masih positif, peningkatan ekspektasi konsumsi masyarakat dan potensi mobilitas masyarakat yang lebih tinggi pada akhir tahun ini,” kata kepala perwakilan BI Nusa Tenggara Timur, Donny H. Heatubun ketika dalam kegiatan Media Gathering di Herper hotel Kupang, Kamis (7/12/2023).

Selain itu, katanya Bank Indonesia juga bersinergi dengan perbankan di NTT untuk membuka layanan penukaran uang Rupiah di beberapa titik. Pembukaan layanan tidak hanya di Kota Kupang, namun juga mencakup pembukaan layanan penukaran perbankan di 5 (lima) pulau besar di Nusa Tenggara Timur yaitu Pulau Timor, Pulau Sumba, Pulau Flores, Pulau Alor dan Pulau Rote. Untuk mengetahui lokasi layanan tersebut, masyarakat dapat mengakses web site SELATAN-NKRI (Site Layanan Penukaran Perbankan Provinsi NTT) di http://bit.ly/Selatan-NKRI.

Dihadapan wartawan dan Kepala OJK NTT Japarmen Manalu dan Kepala Bidang PPA II Kanwil DJPb Perbendaharaan Kementerian Keuangan NTT, Edy Purwanto, Donny menegaskan layanan penukaran tersebut tidak dipungut biaya, terbuka untuk umum dan tidak harus merupakan nasabah bank dimaksud.

Menurutnya Bank Indonesia selalu mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan berinvestasi dengan cermat. Dan juga mendorong masyarakat merawat Rupiah guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP Rupiah). KPwBI Provinsi NTT senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.(*/m45)

Komentar