oleh

Salean ; Pimpinan SKPD Lebih Proaktif Dukung Pelayanan Publik

-Daerah-86 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Pernyataan Walikota Kupang Jonas Salean berkaitan dengan koordinasi tugas pelayanan publik kepada para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memberikan sinyal positif guna peningkatan kinerja.
Perubahan yang dituntut Pemerintah Kota Kupang terhadap pimpinan SKPD agar lebih proaktif memberikan dukungan bagi peningkatan pelayanan publik.

Demikian dikatakan, Walikota Kupang, Jonas Salean saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan Oebobo di aula kantor camat setempat, Rabu (3/2/2016).

Jonas Salean, mengatakan para pimpinan SKPD wajib melihat kepentingan masyarakat sehingga hasil Musrenbang, baik dari tingkat Kelurahan maupun kecamatan perlu keterlibatan aktif para pimpinan SKPD agar bisa mengetahui aspirasi masyarakat.

” Saya tekankan para pimpinan SKPD wajib mengikuti kegiatan seperti ini sampai selesai agar semua hal yang berkaitan dengan aspirasi masyarakat bisa diketahui. Saya perlu tegaskan hal ini agar para pimpinan SKPD yang suka otak taputar perlu berubah dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jangan kita berjalan di tempat saja tanpa perubahan sikap,” katanya.
Dia juga menegaskan, perlu peran aktif para pimpinan SKPD agar semua hasil-hasil Musrenbang dapat diakomodir lewat program SKPD melalui sinkronisasi program sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

” Musrenbang ini penting jadi para pimpinan SKPD perlu melihat hasilnya kemudian menyusun program dan kegiatan melalui sinkronisasi program tidak perlu lagi SKPD menyusun program berdasarkan yang mereka mau. Tetapi menyusun program berdasarkan apa yang masyarakat mau agar kebutuhan mereka dapat terpenuhi,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadis Pora), Eben Doeka saat dikonfirmasi wartawan menggungkapkan sebagai pimpinan dinas yang baru dirinya perlu lebih giat menjaring aspirasi secara mendalam lagi.

Dia mengakui selain hasil dari Musrenbang yang nantinya disepakati bersama perlu juga kiat lain untuk menjaring aspirasi masyarakat agar program yang dilaksanakan benar – benar menyentuh kebutuhan masyarakat.

Sementar terkait penegasan Walikota Kupang soal keaktifan dan disiplin para pimpinan SKPD, baginya harus dilakukan sebagai sebuah kewajiban moril dalam pelayanan publik.

” Saya akui Dinas Pemuda dan Olahraga perlu kiat yang lain untuk menjaring aspirasi masyarakat. Hasil Musrenbang itu pasti namun perlu diperdalam lagi dengan kiat yang lain sehingga program dari Dispora Kota Kupang sesuai kebutuhan masyarakat. Soal keaktifan dan disiplin yang Pak Walikota tegaskan bagi para pimpinan SKPD saya rasa harus dilakukan sebagai sebuah kewajiban moril pelayan publik,” katanya.(man)

Komentar