oleh

Reboisasi Cegah Longsor di Leloboko

-Humaniora-86 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Desa Leloboko, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, NTT terletak di atas lereng bukit yang rawan longsor. Untuk mencegahnya Pemerintah Kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama masyarakat menanam sejumlah anak pohon di wilayah itu.

Demikian disampaikan kepala pelaksana BPBD Kabupaten Kupang, Charles L.Panie ketikanmembawakan materi dalam pelatihan relawan desa tangguh bencana (Destana) di Hotel Neu Aston, Kupang, Sabtu (28/11/2015).

Charles Panie, mengatakan kondisi Desa Leloboko yang berada di ketinggian lereng gunung merupakan lokasi yang rentan bencana longsor, sehingga pihaknya tengah giat melkukan reboisasi dengan menanam sejumlah anakan pohon untuk mencegah terjadinya bencana longsor.

Sementara kepala desa leloboko Yeheskiel Naetasi saat ditemui disela-sela kegiatan pelatihan, tersebut menegaskan, bahwa untuk mencegah dan mengatasi bencana tersebut membutuhkan perhatian ekstra dan serius pemerintah kabupaten karena setiap tahun selalu terjadi lonsor dan mengancam kentraman hidupmasyarakat.

Demikian juga disampaikan salah seorang peserta palatihan asal Leloboko, Sakarias Abaus, bahwa masyarakat Lelobatan menghendaki ada pihak yang membantu mereka menghadapi bencana longsor ketika musim hujan.

” Kami berharap pihak BPBD menyikap kasus tanah longsor di Lelobatan secara serius dengan membangun Posko siaga bencana untuk meminimalisir resiko bencana itu,” katanya.(man)

Komentar