oleh

Ratusan Juta Beredar Di Masyarakat, Kades Enonapi : Biarkan Mereka Senang

-Ekbis-72 Dilihat

Foto bersa.a masyarakat Enonapi usai menerima HOK

Soe, terasntt.com — Pengelolaan dan desa yang baik dan transparan akan memberi keutungan bagi masyarakat setempat. Ada ratusan juta rupiah dana tersebut beredar dan dinikmati masyarakat Desa Enonapi, Kecamatan Ki,e, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Kepala Desa Enonapi Arni Boymau mengatakan biarkan mereka senang dengan pembangunan dan pembayaran Hari Orang Kerja (HOK).

Sejak tahun 2016 kades mulai memberdayakan semua masyaraka dalam pengelolaan dana desa dengan pola HOK sehingga uang ratusan juta hanya bergulir di dalam desa dan dinikmati masyarakat sendiri.

” Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 ketika kepala Desa Arni Boymau mulai menjabat,” kata bendahara Alfred Liem.

Ia mengakui pengelolaan dana desa setempat sangat terbuka dan melibatkan masyarakat desa terutama warga yang tak mampu sehingga lewat pekerjaan yang bersumber dari dana desa bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Ia mencontohkan selama ini biasanya masyarakat dipakai untuk bekerja tanpa diberitahukan jumlah upahnya,sehingga sering jadi persolan.

” Sejak sejak tahun 2016,setiap kegiatan tahun masyarakat diberikan RAB sehingga jumlah upahnya dan setelah pencarian dana dilakukan pembayaran di lokasi mereka kerja,” ujarnya.

Tidak heran jika setiap pekerjaan yang bersumber dari dana desa di wilayah tersebut selesai pada waktunya dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Arni Boymau dalam perbincangan dengan terasntt.com di kantor desa 17/1/2020 mengatakan sejak ia menjabat kepala desa rumah warga yang tidak layak huni sebanyak 187 unit,namun lewat program bantuan rumah dari dana desa kini hanya tersisa 27 rumah dan rencananya tahun ini ada bantuan untuk 20 rumah.

Sementara akses jalan dalam desa sudah bagus sedangkan biasanya kesulitan air bersih namun tahun 2020 ini warga sudah bisa menikmati air bantuan program Pamsimas.
“Yah dana desa untuk masyarakat sehingga biarkan mereka nikmati baik lewat pembangunan ataupun upah dari harsil kerja mereka dalam setiap program,ujarnya

Ia mengungkapkan harapnya kedepan ingin membuat masyarakatnya senang melalui berbagai program yang menyentuh langsung bahkan mulai melirik wisata rohani melalui taman doa karena diyakini akan memperoleh dan menambah pendapatan desa.(sys

Komentar