oleh

Promosi Wisata, Panlak Gelar Balap Sepeda Tour De Timor

KUPANG, Terasntt.com — Upaya Pemerintah Propinsi NTT mempromosikan obyek wisata terus ditingkatkan. Salah satu strategi yang digunakan dengan menggelar ivent balap sepeda tingkat nasional Tour De Timor yang akan berlangsung pada tanggal 15 Desember 2015 dengan yang mengambil titik star dari Atambuaa, Kabupaten Belu dan finishnya di Kota Kupang ibu kota Propinsi NTT.

Panitia pelaksana tengah mempersiapkan ivent tersebut termasuk rapat bersama berbagai pihak terkait untuk menyukseskan kegiatan akbar tersebut.
Dalam rapat koordinasi yang dimpimpin asisten II Kota Kupang, Djama Mila Miha di ruang kerja Sekda Kota Kupang, Jumad (11/12/2015) dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) NTT, Dinas Perhubungan Kota Kupang, Kepolisian Resort Kupang Kota , Dinas Kesehatan Kota Kupang, Panitia Penyelenggara dan Even Organiser (EO) DH Ekspolr Jakarta, dijelaskan, bahwa telah dipersiapkan secara khusus Kota Kupang sebagai finish Tour de Timor.

Mila Miha, menegaskan perlu koordinasi yang baik untuk Kota Kupang agar semua pihak baik Disparekraf NTT yang merupakan pemilik ivent balap sepeda bertaraf nasional tersebut sebagai langkah promosi wisata yang digalakan oleh Pemerintah Provinsi NTT memiliki konsep dan paandangan yang baik sehingga memilih Kota Kupang sebagai tujuan akhir.

” Saya berharap agar Disparekraf NTT menjelaskan secara baik alasan Kota Kupang sebagai tujuan akhir kegiatan Tour De Timor dalam rangka mempromosikan wisata NTT,” katanya.

Sementara Kabid Destinasi Disparekraf NTT, Agus Edhen Kalakik menjelaskan, alasan utama menetapkan finish Tour De Timor di Kota Kupang karena Kota Kupang Ibu Kota Provinsi NTT. Juga kota yang paling banyak menjadi tujuan wisata di NTT dan Kota Kupang sebagai pusat pelayanan pemerintahan di NTT.

Menurutnya, Tour De Timor akan dilepas dari Kota Atambua dan berakhir di Kota Kupang. Balap sepeda merupakan bentuk kampanye promosi wisata se daratan Timor.

” Alasannya Kota Kupang adalah Ibu Kota Propinsi NTT, yang paling banyak dikunjung. Wisatawan dan pusat pemerintahan dan Tour De Timor juga sebagai ajang mempromosikan obyek wwisata di daratan Timor,” tegas Kelakik.

Pada kesempatan yang sama pihak pemyelenggara EO DH Eksplor Jakarta, yang diwakili Dewi Agustiyati dan Adi Basuki Susetya mengaharapkan, dukungan pemerintah kota (Pemkot) Kupang sebagai tempat finish, dengan jalur atau trek sesuai permintaan penyelenggara.

Untuk itu lanjut mereka, dibutuhkan koordinasi keamanan yang memadai seperti berikade pengawalan yang ketat terhadap peserta, dan sistem pengamanan tempat finish.

Dewi menjelaskan, selain touring yang dimulai dari kota Atambua pada 15 Desember nanti dan juga ada nomor balap Racing/Kriterium khusus untuk peserta dari Kota Kupang pada 19 Desember dari tingkat SD,SMP dan SMA.

Pendaftarannya di Hotel amaris Kupang dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000 dan peserta eksekutif sebesar Rp 1, 2 juta.

” Yang pasti kami akan berjuang finish Tour De Timor di Kupang. Selain itu ada racing khusus peserta Kota Kupang mulai dari tingkat SD sampai SMA,” tegas Dewi.(man)

Komentar