oleh

Priyo: Gesekan Makin Rumit, Golkar Punya Tiga Ketua Fraksi

-Nasional-22 Dilihat

Jakarta – Kisruh partai Golkar semakin memanas setelah muncul surat pencopotan Sekretaris Fraksi Golkar dan Ketua Banggar yang ditandatangani Setya Novanto. Wakil Ketua Umum Golkar Munas Ancol Priyo Budi Santoso, menyebut Golkar sekarang punya 3 ketua fraksi.

“Ini semakin rumit gesekan yang terjadi di Golkar dan semakin membuat kisruh situasi,” ujar Waketum Golkar versi Munas Ancol, Priyo Budi Santoso, usai melayat ibunda Pramono Anung di Jakarta Selatan, Rabu (6/1/2016).

“Saya sedih, kalau saya hitung hari ini Golkar ketua fraksinya ada tiga: Setya Novanto, Ade Komarudin dan Zainudin Amali. Pimpinan (ketua DPR) yang diajukan masih juga dua orang Ade Komarudin dan Agus Gumiwang,” sambungnya.

Setya Novanto ditunjuk kubu Munas Bali sebagai ketua Fraksi, sementara Zainudin Amali ditunjuk kubu Munas Ancol juga sebagai ketua Fraksi. Surat keduanya belum diproses sehingga ketua Fraksi Golkar masih Ade Komarudin.

Priyo menegaskan saat ini Golkar dalam posisi kekosongan kekuasaan (vacuum of power), sehingga sebetulnya tidak ada satu pihak pun yang bisa mengklaim mengganti ketua DPR atau pimpinan fraksi.

“Golkar dalam posisi vacuum of power, mestinya hari ini secara hukum tidak ada yang mengklaim dan bertindak atas nama Golkar. Tidak ada,” tegasnya.

Sebelumnya, Setya Novanto yang baru ditunjuk sebagai ketua Fraksi menetapkan pengurus baru Fraksi Partai Golkar. Dalam surat per tanggal 4 Januari 2016 itu Novanto mencopot Bambang Soesatyo dari kursi Sekretaris FPG DPR. Sebagai gantinya Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin jadi sekretaris FPG yang baru.

Novanto juga mencopot Ahmadi Noor Supit dari kursi ketua Banggar. Sebagai gantinya, Wakil Ketua MKD dari Golkar Kahar Muzakir ditunjuk jadi Ketua Banggar.(miq/miq)

Komentar