oleh

Populasi Kambing di Sumtim Terancam Punah

-Ekbis-24 Dilihat

WAINGAPU, Terasntt.com — Ternak Kaming di Kabupaten Sumba Timur, NTT selalu diantar pulaukan ke Sulawesi oleh para pedagang ternak. Akibatnya populasi ternak itu terebut terus berkurang hingga terancam punah.

Selain itu juga, banyak yang mati akibat kemarau panjang hingga kekurangan pakan dan air.

“ Saat ini populasi ternak kambing di Sumba Timur terancam punah, karna banyak diantar pulaukan ke sulawesi, belum lagi dengan musim kemarau yang begitu panjang yang mengakibatkan kekurangan pakan dan air,” kata pemerhati ternak Sumba Timur, Umbu Mandja di Waingapu, Kamis (12/11/2015).

Lanjut Umbu, ternak kambing di Sumba seharusnya dijaga dan dipelihara populasinya agar pengembangannya lebih baik “. Jadi jangan yang masih kecil-kecil kambingnya sudah dijual dan diantarpulaukan, bagaimana tidak musnah semua kambingnya”. Ungkapnya

Demikian juga seorang peternak, Antonius, mengatakan. berkurangnya ternak kambing di Sumba Timur selain diantar pulaukan, juga akibat musim kemarau yang panjang sehingga kondisi ternak kambing tidak berkembang, apalagi kambing yang dikirim keluar daerah tidak diawasi dengan baik oleh pihak Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur.

“ Jika Dinas Peternakan tidak segera menertibkan dan mengawasi secara baik saat diantar pulaukan, populasi kambing akan berkurang dan terancam punah,” katanaya. (Bud)

Komentar