oleh

Poktan Desa Kiritana Panen Puluhan Ton Jagung

-Ekbis-20 Dilihat

WAINGAPU, Terasntt.com —
Kelompok tani (Poktan) Desa Kiritana, di Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur tahun ini berhasil memanen jagung hingga puluhan ton. Upaya ini untuk mendukung peningkatan swasembada jagung bagi masyarakat setempat.

Poktan terseebut adalah salah satu desa binaan Badan Bimas Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Timur untuk membantu masyarakat Desa Kiritana yang terletak di daerah pinggiran sungai atau yang disebut usaha tani daerah aliran sungai (DAS).

“ Kami membantu petani yang berada di daerah aliran sungai agar mereka lebih fokus untuk menanam jagung,” kata Yulianus Keimarak Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan saat ditemui di Waingapu, Kamis (3/12/2015)

Menurutnya, hasil panen jagung milik poktan tahun ini rata – rata mencapai 10 ton per hektaare.

“ Jadi setiap tahun kami siapkan benih untuk membantu petani di Desa ini, tinggal mereka menanam dan hasilnya mereka jual untuk kesejahteraan mereka” jelasnya.

Sementara Ketua Poktan Ndening Paaing, Hapu Mbay mengatakan, dengan adanya bantuan benih dan dampingan Badan Bimas Ketahanan Pangan sangat membantu karena produksi tahun ini sangat memuaskan.

“ Dulu kami punya benih jagung cuma sedikit, dengan adanya bantuan benih dari Badan Bimas Ketahanan Pangan Sumba Timur kami dapat panen hingga puluhan ton,” katanya

Dia menambahkan, hasil panen jagung yang dinikmati kelompok tani Desa Kiritana cukup bagus, namun masyarakat membutuhkan perluasan lahan agar untuk menunjang program swasembada pangan.

“ Harapan kami, agar Badan Bimas Ketahan Pangan Sumba Timur tetap memantau dan membimbing petani kami di desa agar tetap semangat bekerjadan memperoleh hasil yang maksimal,” ungkapnya.(Bud)
Foto : Salah satu Lahan Kebun Jagung milik Kelompok Tani Ndening Paaing Desa Kiritana Kec. Kambera Kab. Sumba Timur.(bud)

Komentar