oleh

PMI Siaga Bantu Korban Bencana

-Humaniora-78 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah NTT siaga membantu para korban bencana yang mengalami luka. Korban bencana menadapatkan prioritas utama dalam pelayanan.

” Korban bencana mendapatkan pelayanan istimewa secara optimal dari PMI,” kata staf Bidang Pelayanan Bencana dan Kesehatan PMI NTT, Florest Gonsalves Araujo dalam materi pembekalan kepada para relawan desa untuk penanggulangan bencana di Hotel Neo Kupang, Sabtu (28/11/2015).

Dalam kaitannya dengan penanganan korban bencana, lanjut Florest pihak PMI akan bekerja maksimal memberikan pelayanan terbaik, karena korban bencana sangat rentan akibat musibah alam yang dialami, sehingga secepatnya diberikan pertolongan.

Selain itu lanjut Florest, korban bencana juga mengalami kecelakaan secara fisik dan psikologi sehingga langkah awal selain penanganan medis, juga dilakukan rehabilitasi mental dan perlu kepedulian semua pihak untuk membantu pihak PMI.

Florest mengingatkan, kepada para relawan desa bahwa menolong korban bencana wajib dilakukan serta PMI sangat mengharapkan relawan desa mampu menjadi patner kerja dalam upaya penanganan resiko bencana.

Menurut dia, perlu ada koordinasi yang baik dari semua pihak agar dapat membantu PMI melakukan aksi sosial kemanusiaan dalam menolong korban bencana di desa.

Sementara salah satu peserta Eram Lona, asal Desa Oeniko Kecamatan Amabi Oefeto Timur, puas mengikuti pelatihan itu karena mendapat mengetahui tentang cara dan teknis penanganan korban bencana, sehingga pada saat terjadi bencana dirinya sebagai seorang relawan desa telah mampu melakukan pertolongan kemanusiaan terhadap korban bencana.

Dia juga, puas mendapatkan pengalaman yang sangat berharga untuk menjadi seorang relawan desa yang nantinya mampu membagikan pengalaman tersebut ke orang di desanya.(man)

Komentar