oleh

Pilkada TTU Sepih, Partisipasi Masyarakat Rendah

-Politik-66 Dilihat

KEFAMENANU, Terasntt.com — Pilkada Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Propinsi NTT dengan calon tunggal sepih di semua TPS. Anak – anak. Yang ikut serta orangtua dibebaskan masuk ke ruang pencoblosan dan menceluplkan jari mereka pada tinta yang disiapkan bagi pmilih.

Jumlah DPT 166.479 orang sebagian besar tidak menggunakan hak pilih dengan pola setuju atau tidak setuju pada Pilkada TTU, Rabu (9/12/2015)

Walau sepih, Pilkada serentak pertama dengan satu pasangan calon di Kabupaten TTU ini berjalan lancar dan aman tanpa gesekapan apapun.

Aksi anak – anak mencelupkan jari ke tinta ini lolos dari pantauan petugas keamanan dan seijin ketua KPPS di TPS 01 Kelurahan Benpasi, Kota Kefamenanu, Bernad Nainggolan anak – anak bebas beraksi.

Ada tiga dari ratusa puluhan anak – anak, yakni Laras, Yuda dan Angela asal RT 1/RW 3 merasa senang karena untuk pertama kalinya diijinkan ikut masuk ke TPS untuk menyaksikan proses pencoblosan.

“Antusiasme masyarakat sangat kurang, berbeda dengan Pileg dan Pilpres. Dari 346 pemilih sampai dengan siang tadi baru sekitar 75 orang yang mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilih. Meskipun begitu kami tetap melakukan pelayanan terhadap sejumlah warga yang mendaftar untuk ikut memilih dengan kondisi penyelenggaraan pilkada yang berjalan sepih ini,” kata Ketua KPPS TPS 09 Kota Kefa, Naben.

Naben berharap kondisi tersebut, menjadi bahan evaluasi agar pada pemilu mendatang baik pileg maupun pilpres dapat berjalan lebih semarak dengan partisipasi masyarakat pemilih yang tinggi.(dit)

Komentar