oleh

PIKUL dan Nelayan Kecil di Kota dan Kabupaten Kupang Lakukan Rembuk Pesisir

-Daerah-84 Dilihat

Kupang, Terasntt.com,-Nelayan adalah sebuah pekerjaan yang mempunyai resiko yang besar, karena mereka harus mengarungi laut luas dalam me gais rezeki untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Pekerjaan ini tentunya masih banyak hak mereka yang perlu menjadi perhatian dari pengambil kebijakan, guna hak tersebut bisa dipenuhi.Berkaitan hal.tersebut perhatian dari Lembaga Swadaya Masyarakat PIKUL melakukan suatu kegiatan dengan sebutan Rembug pesisir dengan tema “Pengakuan Hak dan Reklaim Ruang Penghidupan Nalaya  Tradisional dan Kecil”.Kegiatan tersebut melibatkan 150 nelayan kecil dan tradisional di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Kegiatan yang berlangsung, Selasa (30/10) di pasar Fela Leo yang terletak di Kelurahan Pasir Panjang oleh PIKUKL tersebut didukung oleh KIARA dan OXFAM.

Andri Ratu Making selaku projek menejer pada kegiatan tersebut menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan dihadiri para perwakilan dari tiap nelayan baik di tingkat Kabupaten Kupang dan Kota Kupang berjumlah 150 lebih neleyan.

“Kegiatan ini selain melibatkan nelayan kecil dan tradisional, juga melibatkan para pengambil kebijkan baik dari pemerintah maupun swasta,”katanya.

Dijelaskannya, rembug pesisir ini dengan tujuan para nelayan kecil dan tradisional dapat memetahkan akan isu-isu yang dihadapi oleh mereka, guna di buatlah suatu rekomendasi untuk disampaikan kepada pengambil kebijakan.

“Melalui isu yang telah di baut dalam sebuah rekomemdasi ini, nantinya kami bisa mengetahui isu-isu mana yang dapat ditindaklanjut oleh pemerintah dan pihak swasta dalam pemenuhak hak para nelayan,” katanya.

Ditambahkannya, berbicara soal nelayan ini tentu adanya keterlibat kaum perempuan (ibu-ibu-red), yang dilihat masih banyak hak mereka yang belum terpenuhi.

“Banyak orang beranggapan pekerjaannya hanya menangkap  ikan.Pada hal proses penangkapan dimulai dari suatu proses persiapan hingga pasca  panen tidak perhatikan.Sehingga melalui kegiatan ini mereka juga dapat menyuarakan akan isu-isu yang dialami oleh mereka, guna disampaikan kepada para pengambil kebijakan dan para swasta yang bergerak dibidang nelayan,” katanya.(Yon)

Komentar