oleh

Pertahankan Integritas, Tingkatkan Mutu Pendidikan

KUPANG, Terasntt.com – Pelaksanaan Ujian Nasiaonal (UN) tingkat SMA/SMK telah berlangsung di seluruh Indonesia termasuk di NTT. Di Kota Kupang sebanyak 46 SMA/SMK melaksanakan UN di masing-masing sekolah, Senin (4/4/2016).

Pelaksanaan UN hari pertama di Kota Kupang, berlangsung aman dan lancar.

Pantauan wartawan ketika Gubernur NTT, Frans Lebu Raya memantau UN di SMA Negeri 3 Kupang baik peserta maupun pengawas tetap menjaga keamanan dan ketertiban hingga berakhir.

Pada kesempatan itu, Lebu Raya mengatakan, umumnya pelaksanaan UN di NTT dalam kondisi yang sangat kondusif termasuk SMA Negeri 3 Kupang.

Ia juga menghimbau agar peserta UN tetap mempertahankan integritas/kejujuran dalam pelaksanaan ujian serta kiat meningkatkan mutu atau kwalitas hasil UN.
” Kondisi yang sangat kondusif bagi para peserta UN. Mereka dengan tenang mengerjakan soal UN secara baik. Kita tetap pertahan integritas atau kejujuran para peserta UN sesuai kemampuan mereka. Soal lain kita harus tingkatkan mutu atau kwalitas hasil UN,” katanya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT bertekad menambah bantuan fasilitas UN berbasis Komputer (UNBk) di NTT.

” Tahun kemarin UNBK di NTT hanya 1 sekolah, tetapi tahun ini sudah 32 sekolah SMA/SMK di seluruh NTT. Tahun depan kita harus naikan menjadi 100 lebih secara bertahap. Kita akan tambah fasilitasnya. Memang beda UN sekolah yang ada di Kota dan di desa. Desa sangat tergantung pada listrik dan jaringan internet jadi belum bisa kita terapkan penuh. Tetapi di kota wajib kita tambah fasilitasnya. Saya sudah koordinasi dengan pihak PLN untuk perhatikan listrik agar jangan mati saat UN,” ujarnya.

Sementara Kepsek SMA Negeri 3 Kupang, Selviana Dethan kepada wartawan menjelaskan ada 465 perserta sedang mengikuti UN di SMA Negeri 3 Kupang yang terdiri dari Mipa sebnyak 307 peserta, IPS 123 peserta dan IBB sebanyak 35 peserta. Semuanya dibagi dalam 25 ruang ujian.

Selain itu lanjutnya, ada peserta titipan dari SMA kristen 2 Kupang sebanyak 38 orang yakni Mipa 20 orang dan IPS sebanyak 18 orang

Sebelum mengunjungi SMA Negeri 3, Frans Lebu Raya bersama rombongan memantau jalannya UN di SMA Katholik Giovani dan SMK Negeri 2 Kupang. (man)

Komentar