oleh

Pengiriman TKI Kabupaten Kupang Ke LN Meningkat

-Ekbis-83 Dilihat

OELAMASI, Terasntt.com – Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Kupang yang diberangkatkan keluar Negeri (LN) yang tidak ditunjang informasi terkait prosedur bekerja keluar negeri yang aman terus meningkat.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Kupang, Chris Koroh didampingi Direktris Rumah Perempuan Kupang, Libby Sinlaeloe dan Devisi publikasi Rumah Perempuan Kupang, Theresia Siti saat digelar rapat pemantapan sosialisasi yang berlangsung di Rumah Perempuan Kupang, Selasa (6/10/2015)
Sesuai rencana kata dia, sosialisasi tentang syarat kerja di luar negeri dengan thema ‘Jangan Berangkat Sebelum Siap” merupakan kerjasama antara Disnakertrans Kabupaten Kupang dengan Rumah Perempuan Kupang yang akan berlangsung di Gereja Elim Naibonat , Jumat (9/10/2015) mendatang.
Ia menuturkan, kegiatan sosialisasi itu dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang kebijakan dan mekanisme perlindungan tenaga kerja luar negeri.
Selain itu, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan peran peserta dalam mencegah melalui penyebaran informasi tentang bekerja di luar negeri melalui prosedur resmi serta meningkatkan sensitifikasi peserta dalam merespon persoalan yang dialami oleh TKI.
“Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini kurang lebih 300 orang terdiri dari unsur masyarakat,pemerintah,DPRD Kabupaten Kupang,Pemerintah Desa, Sekolah,tokoh agama ,tokoh masyarakat dan calon tenaga kerja ,” katanya.
Dalam kegiatan tersebut nantinya akan menghadirkan sejumlah narasumber dari Kemenaker RI, BP3TKI NTT, Nakertrans Kebupaten Kupanag, Dispenduk Kabupaten Kupang, dan Rumah Perempuan Kupang
“Kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka meminimalisr persoalan TKI dengan melibatkan semua komponen terkait tersebut,” ujarnya.
Direktris Rumah Perempuan Kupang, Libby Sinlaeloe menambahkan, tingginya minat masyarakat NTT untuk bekerja di luar negeri dilatari oleh sejumlah faktor seperti kondisi ekonomi, tawaran gaji yang mengiurkan menjadi motifasi bagi masyarakat pencarai kerja.
Berdasarkan data BP3TKI NTT tahun 2014 menunjukan jumlah tenaga kerja asal NTT yang bekerja di luar negeri sebanyak 3.863 orang meliputi laki-laki sebanyak 1.287 orang dan perempuan berjumlah 2.576 orang.
“ Jumlah ini Kabupaten Kupang merupakan salah satu pensuplai tenga kerja terbesar di NTT dengan jumlah mencapai 903 orang. Dalam kurun waktu Januari – September 2015 saja, Kabupaten Kupang memberangkatkan 85 tenaga kerja,” ungkapnya.(rif)

Komentar