oleh

Pemkot Kupang Siapkan LBH bagi Warga Kurang Mampu

-Daerah-17 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Pemerintah Kota (Pemkot) berjanji akan menyediakan bantuan hukum gratis bagi warga kurang mampu. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) tersebut ditunjuk oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Republik Indonesia.
” Implementasi program ini akan tuangkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Kota Kupang tahun 2016,” kata Kepala bagian (Kabag) Hukum Setda Kota Kupang, Alan Girsang ketika ditemui di sela-sela kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Kota Lama, Jumat (5/2/2016).

Menurutnya, pelayanan bantuan hulum gratis bagi warga kurang mampu Kota Kupang akan dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab moril Pemkot Kupang untuk meringankan biaya bagi yang terjerat hukum.
“Bantuan hukum bagi warga kurang mampu di kota Kupang sebagai dukungan moril Pemkot Kupang terutama pembiayaan LBH dan prosedurnya akan diupayakan lewat Kemenkumham,” tegasnya.

Untuk ke depan lanjut, Girsang dalam menetapkan LBH akan melalui ferifikasi dari Kemenkumham RI, Pemkot Kupang hanya menawarkan beberapa LBH, akan tetapi ditentukan Kemenkumham RI bagi yang layak, serta batas maksimal pembiayaan perkara sebesar 5 juta rupiah dan dibatasi hanya 10 kasus perkara untuk tahun 2016.

“Kelayakan LBH akan ditentukan oleh Kemenkumham RI kita hanya mengusulkan beberapa LBH saja. Biaya. Satu perkara maksimal Rp 5 juta dan kita batasi untuk tahun ini sebanyak 10 kasus saja,” ujarnya. (man)

Komentar