oleh

Pemkot Segera Salurkan Raskin 14

-Ekbis-20 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com – Pemeirntah Kota Kupang segera menyalurkan jatah beras raskin bulan ke 14 bagi warga yang selama ini masuk dalam data KK miskin sebagai penerima beras Miskin (Raskin).
Sesuai rencan apenyaluran beras tersebut akan dilangsungkan pada bulan November 2015 mendatang.
Hal itu dikemukakan Walikota Kupang, Jonas Salean saat berkantor di Kelurahan Manutapen, Kamis (8/10/2015).
Ia mengatakan, dirinya dan Wakil Walikota bersama DPRD Kota Kupang berkomitmen dan berjanji akan terus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kota Kupang di segala aspek kehidupan.
Namun demikian lanjutnya, hal tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.
Hingga saat ini kata Jonas, Raskin terus tuai masalah. Hal itu kata dia, disebabkan karena pola pendataan yang tidak sesuai kenyataan di lapangan. Dimana, keluarga-keluarga yang seharusnya tidak dapat akhirnya dapat dan keluarga yang harusnya dapat raskin namun tidak didata.
Untuk itu tambahnya, dalam Februari 2015 lalu pihaknya telah menyampaikan hal itu kepada Presiden.
“Saat itu kita minta kepada bapak Presiden, agar untuk memperoleh raskin datanya harus diperoleh dari bapak ibu ketua RT di masing-masing Kelurahan dan itu direspon baik oleh Presiden dan melalui Mensos mulai 1 sampai 30 Juni 2015 telah dilakukan verifikasi kembali kepada seluruh keluarga-keluarga yang dulu tidak terima yang layak terima harus didata kembali. Karena itu RT lebih tahu kondisi masyarakat, sehingga kelak bisa didata kembali sesuai dengan yang disyaratkan,” katanya.
Ia menambahakan, 14.300 kepala keluarga penerima raskin di Kota Kupang dipastikan akan mendapat jatah raskin ke 13.
“Kalau PNS terima gaji 13 maka bapak ibu penerima raskin juga mendapat raskin ke-13,” ujarnya.
Sementara berkaitan menyikapi pelambatan ekonomi saat ini, Pemkot telah membahas bersama DPRD Kota Kupang untuk pemberian raskin ke 14.
“Pemberian raskin 14 ini bagi penerima raskin akan dilakukan pada Bulan November tahun ini. Mendekati hari raya natal untuk antisipasi kondisi ekonomi, kemarau panjang,” katanya.
Karena itu kata mantan Kadispenda Kota Kupang itu, saat ini tengah dilakukan pendataan kembali terkait pendistribusian raskin ke 14.
“Ini gratis, karena kita telah siapkan anggaran kurang lebih Rp 7 Miliyar,” ungkapnya.(rif)

Komentar