oleh

Pemkot Perbaiki Mutu dan Pelayanan Pendidikan

KUPANG, Terasntt.com — Tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Nyalakan pelita terangkan cita-cita memiliki arti tersendiri bagi dunia pendidikan khususnya di Kota Kupang. Pemkot Kupang menyikapinya sebagai amanah untuk memperbaiki mutu dan pelayanan pendidikan yang maksimal.

Demikian kata Walikota Kupang Jonas Salean dalam sambutannya pada upacara Hardiknas tingkat Kota Kupang di halaman kantor Walikota Kupang, Senin (2/5/2016) kemarin.

Menurutnya tema Hardiknas kali ini merupakan sebuah amanah agar peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan menjadi prioritas penting pendidikan di Kota Kupang.

” Nyalakan pelita terangkan cita-cita, membangkitkan kembali ajaran Kihajar Dewantara untuk tetap membangun pendidikan sebagai basis dasar pengetahuan bangsa Indonesia. Jadi pada intinya kita harus mampu meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan walau terdapat beberapa kekurangan.Ini yang harus kita benahi tahap demi tahap agar makin maju dan berkembang tingkat pendidikan di Kota Kupang,” jelasnya.
Salean menegaskan program beasiswa, pendidikan lanjutan, sertifikasi dan peningkatan kapasitas guru terus digalakan, selain daripada itu kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang tentang anggaran pendidikan lewat APBD Kota Kupang terus ditingkatkan, perda tentang pendidikan serta kebijakan lainnya memberikan jaminan bagi para guru, bagi para siswa yang kurang mampu mendapatkan program Bantuan siswa miskin (BSM) yang hampir 30 ribu lebih, 1000 beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, beasiswa siswa berprestasi, dan bantuan lainnya telah membantu anak-anak atau siswa dan mahasiswa untuk menikmati pelayanan pendidikan yang memadai, dan tentang Ujian Nasional (UN) kota Kupang tetap memiliki tingkat integritas tertinggi di NTT.

” Para guru lanjut studi biayanya dari APBD Kota Kupang, sertifikasi dan peningkatan galakan kita akan punya Perda pendidikan, dan bagi siswa dan mahasiswa ada beasiswa, ada BSM bagi 30 ribu lebih siswa, ada 1000 mahasiswa dari keluarga kurang mampu menerima bantuan pendidikan, dalam UN kita tetap pertahankan integritas tertinggi di NTT, dan ada sejumlah hal yang Pemkot Kupang upayakan bagi dunia pendidikan Kota Kupang,” tegasnya Salean.

Sementara Kadis Pendidikan Kta Kupang Jerhans Ledoh saat ditemui wartawan mengatakan ada 3 hal prinsip tujuan yang diusung lewat tema Hardiknas kali.

” Tiga hal prinsip tujuan yang mendasari tema Hardiknas kali ini Nyalakan pelita terangkan cita-cita adalah membangkitkan motivasi perjuangan para guru terhadap tujuan pendidikan, memperingati perjuangan Kihajar Dewantara merintis tujuan di dunia pendidikan Indonesia, serta membangkitkan semangat nasionalisme bagi para pelajar kita,” tandasnya.man)

Komentar