oleh

Pemkot Kupang Gulirkan Uang Rp 45 M Dana PEM

-Ekbis-25 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Tahun ini Pemerintah Kota Kupang mengalokasikan dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) untuk masyarakat sebesar Rp 45 miliar. Dana tersebut digulirkan kepada masyarakat di setiap kelurahan yang ada.

” Dana PEM yang digulirkan saat ini sangat besar. Pemerintah serius meningkatkan ekonomi masyarakat dan akan melakukan pengawasan yang lebih ketat,” kata Wakil Walikota Kupang Herman Man saat membuka kegiatan Pelatihan Manajemen usaha bagi penerima dana PEM di Hotel Pelangi Kupang, Kamis (7/4/2016).

Herman Man mengatakan, perlu pengawasan yang lebih ketat untuk perguliran dana PEM untuk pemanfaatan pengembangan usaha bagi masyarakat.

” Kita Pemkot Kupang perlu mengawasi dana PEM yang sudah digulirkan sebesar Rp 45 M. Kita perlu mendapat kejelasan tentang pemanfaatannya,dari sisi modal. Hal ini membawa perubahan tidak dalam usaha yang dilakukan masyarakat. Jika tidak maka perlu diperhatikan kembali,” katanya.

Soal adanya jaminan dari asuransi yang mulai diperbincangkan, Man mengatakan perlu di lihat keuntungan dan dampaknya.

” Khusus dana PEM tersebut perlu adanya asuransi sebagai penjamin. Intinya kembali pada pengawasan dana PEM itu sendiri jangan dulu kita kaitkan dengan hal lainnya yang masih butuh pertimbangan,” jelasnya.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota, Felisberto Amaral mengatakan, soal pengembalian dana PEM sudah berjalan dan hingga bulan Maret 2016 mencapai Rp 4 miliar lebih.
Untuk itu pihak kelurahan perlu melakukan penertiban pengembalian dana PEM secara rutin.

Amaral juga menambahkan jika terjadi penunggakan maka akan ada teguran keras dari BPMK.
” Kalau terlambat pengembalian kita akan memberikan teguran sebanyak 4 kali. Kemudian kita bangun mediasi untuk langkah penyelesaian jika belum tuntas maka jalur hukum menjadi pilihan terakhir. Khusus menyangkut hal ini kita akan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan dan Kepolisian untuk penyelesaiannya. Kita perlu membuat MOU dengan pihak Kejaksaan dan Kepolisian,” katanya. (Man)

Komentar