oleh

Pemkot Diminta Perketat Pengawasan Aset

-Daerah-87 Dilihat

Kupang, Terasntt.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang diminta untuk memperketat pengawasan terhadap aset – aset pemerintah yang sudah tidak dimanfaatkan agar terhindar dari tindakan yang tak bertanggung jawab dari Orang-orang yang tidak tak bertanggung jawab.

“Kita harapkan agar terus tingkatkan pengawasan terhadap kantor-kantor yang tidak dimanfaatkan agarbtidak terjadi pengrusakan atau curian,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Melkianus Asanab, Kemarin, digedung DPRD setempat.

Selain pengamanan terhadap aset berupa gedung, perlu juga pengamannan terhadap tanag milik pemerintah dan kendaraan dinas yang ditarik kembali dari Dewan yang hingga saat ini diparkir di halaman kantor BKD.

“Semua aser kita harapkan agar diperhatikan oleh pemerintah, jangan dibiarkan sehingga tidak terjadi kerusakan atau pencurian, atau diokupasi khusus untuk lahan,” ujarnya.

Dia menyarankan, apabila Kota Kupang kekurangan personel, maka melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk membantu pengamanan, karena bagaimanapun aset itu adalah milik Negara.

“Kalai Sat Pol PP tidak bisa menangani, mungkin saja bisa meminta bantuan dari Polres atau menugaskan staf khusus dari dinas untuk menjaga mengawasi,” sebutnya.

Terpisah, Anggota Komisi I, Adrianus Talli mengatakan, Pemkot melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tatapem) mempercepat pelaksanaan proses pelelangan pembuatan pagar pengamanan tanah milik pemerintah.

Pasalnya, Kata Dia, dalam pelaksanaan pemgaman aset tanah milik Pemkot, DPRD telah menganggarkan dana sebesar Rp 1 Miliar.

Dijelaskannnya, secara fakta, banyak aset milik Pemkot yang tidak duamankan secara baik, sehingga dari hari ke hari, tahun ke tahun, banyak yang diokupasi masyarakat, termasuk ruang terbuka hijau.

Diakuinya, dalam kunjungan kerja beberapa waktu lalu di bagian Tatapem, Januar Daly menjelaskan bahwa untuk proses pengamanan aset berupa tanah dengan cara pemagaran, namun proses pagar tersebut sedang dalam proses pelelangan. (raf)

Komentar