oleh

Pemkot Canangkan Promosi Penanaman Modal Online

-Daerah-84 Dilihat

Kupang, Terasntt.com — Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) mencanangkan program penanaman modal secara elektronik/online. Program ini akan menyebarluaskan informasi bagi investor yang ingin berinvestasi di Kota Kupang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Kupang, Bernabas Thomas Balukh, melalui Kepala Bagian (Kabag) Promosi Penanaman Modal, Yos Liko Hala di ruangan kerjanya, Senin, (5/2/2018).

Dikatakan Liko Hala, bahwa salah satu strategi untuk meningkatkan investasi atau penanaman modal adalah dengan mengoptimalkan pelaksanaan promosi.

Promosi tersebut, katanya bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang potensi unggulan dan peluang investasi yang dimiliki serta faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap pelaksanaan investasi.

“Seperti sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan investasi, potensi penduduk dan keadaan sosial politik dan keamanan serta kondisi ekonomi secara keseluruhan,” ujarnya.

Untuk menunjang dan mengimplementasikan tujuan tersebut, kata Liko Hala, maka penyediaan bahan promosi harus mampu menjadi media yang dapat menjangkau baik, investor, calon investor maupun maayarakat secara cepat dan tepat.

Sehingga, lanjutnya akan membangkitkan semangatanya untuk mengakses informasi dan pada gilirannnya akan tersebar luasnya informasi tentang potensi keunggulan dan peluang investasi kepada khalayak ramai terutama investor atau dunia usaha.

“Untuk itu, dibutuhkan inovasi baru dalam pelaksanaan penanaman modal yaitu promosi penanaman modal secara elektronik atau online,” sebutnya.

Dijelaskannya, keunggulan dari promosi penanaman modal secara online tersebut adalah mudah diakses dan dapat menjangkau berbagai kalangan secara cepat dan tepat, menghemat waktu, tenaga, tempat dan biaya dalam pelaksanaan promosi.

Menurutnya keunggulan adalah informasi yang dimuat dalam promosi penanaman modal secara elektronik atau online dapat diperbaharui setiap waktu, investor lebih mudah dan cepat mengakses informasi tentang potensi unggulan dan peluang investasi di Kota Kupang.

Namun demikian, kata Liko Hala, masalah yang dihdapi adalah belum dianggarkannnya dana dalam APBD murni Kota Kupang tahun 2018 untuk rencana pelaksanaan promosi tersebut.

“Maka, dibutuhkan dukungan anggaran yang memadai untuk pembiayaan persiapan dan pengadaan perangkat pendukung serta biaya operasioanal,” sebutnya.

Sementara, Anggota Komisi I DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli, mendukung penuh program yang dicanangkan Dinas Penanaman Modal dan PTSP tersebut.

Menurutnya, program yang ditawarkan Dinas Penanaman Modal dan PTST itu  begitu inovatif,  Bagaimana upaya Dinas itu untuk bisa memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat.

“Ini adalah hal yang baik, inovasi pelayanan yang baik dan tentunya kami dukung,” ujar Talli. (raf)

Komentar