oleh

Pemkab Kupang Bakal Gelar Gastrak Berstandard Nasional

-Olahraga-20 Dilihat

OELAMASI, Terasntt.com – Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bakal menggelar event Ganstrak berstandard nasional.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kupang, Charles J. Amekan, S.Ip kepada Erende Pos di ruang kerjanya, Senin (02/11).
Untuk sampai ke tahap itu kata dia, dibutuhkan berbagai persiapan baik sarana prasarana berupa arena gastrak yang baik serta beberapa fasilitas pendukung lainnya tapi yang jelas komitmen untuk menjadikan event gastrak ini berstandard nasional telah di sepakati bersama Sekda Kabupaten Kupang.
“Pak sekda telah memerintahkan kepada dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar tahun depan dapat berupaya maksimal termasuk kemungkinan mengundang peserta dari beberapa provinsi,” tuturnya.
Tahun ini kata dia, terdapat 70 peserta yang turut meramaikan event yang telah menjadi agenda tetap Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dua tahun belakangan dan tercatat tim dari RDTL yang paling banyak mengirimkan wakilnya yaitu berjumlah 35 orang croser.
Menurutnya, kegiatan gastrak bertujuan sebagai ajang menyalurkan hobby anak muda sehingga tidak melakukan balapan liar dijalan yang nantinya akan mengganggu keamanan masyarakat, selain itu event inipun dijadikan sebagai salah satu destinasi pariwisata di Kabupaten Kupang selain pacuan kuda dan destinasi pariwisata alam dan budaya lainnya untuk mendapatkan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Kupang.
“Kedepan saya tegaskan kepada staf agar menggandeng berbagai media untuk mempublikasi semua kegiatan yang diselennggarakan oleh dinas,”tuturnya.
Dengan promosi besar – besaran oleh medi maka pasti orang akan tertarik datang ke kabupaten kupang maka dengan demikian akan berdampak pada peningkatan pemasukan bagi daerah dan juga masyarakat dapat memanfaatkan event ini untuk peningkatan ekonominya.

Peningkatan PAD
Dalam tahun 2015 ini tercatat ada tiga event besar yang sudah di selenggarakan oleh Dinaa Kebudayaan dan Pariwisata yaitu festival budaya, pacuan kuda dan gastrak motor yang dilaksanakan tanggal 30 Oktober hingga 01 Nopember 2015. Ketiga event besar ini diyakini mampu memberikan sumbangan PAD sangat besar bagi deerah.
Khusus untuk event gastrak tahun ini belum diperoleh jumlah reel PAD lantaran panitia masih belum memberikan laporannya. Sumber – sumber PAD antara lain dari jasa parkir, tiket masuk dan pendaftaran peserta.
“Jumlah reel PAD belum dapat di pastikan karena panitia sementara merampungkan laporan kegiatan dan saya belum diberikan laporan lengkap,”bebernya.(bet)

Komentar