oleh

Pemilihan Presiden FIFA Dikabarkan Bakal Ditunda

-Olahraga-75 Dilihat

Jakarta, CNN Indonesia — Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) saat ini dikabarkan tengah mendiskusikan rencana untuk menunda pemilihan presiden FIFA selanjutnya, pasca hukuman skorsing dijatuhkan kepada Sepp Blatter dan Michel Platini.

Dua sumber yang menyampaikan hal itu kepada Reuters, menyebut rencana penundaan akan menjadi agenda dari pertemuan Komite Eksekutif FIFA. Sebelumnya, pemilihan presiden FIFA telah diumumkan bakal digelar pada 26 Februari 2016 mendatang.
Agenda pertemuan eksekutif FIFA yang membahas penundaan pemilihan presiden itu pun disebut-sebut akan dilakukan pekan depan.

Seorang juru bicara dari Asosiasi Sepak Bola Inggris mengatakan, mereka telah meminta Sekretaris Jenderal FIFA, Markus Kattner, agar membuat pertemuan untuk membahas rencana pemilihan presiden.

Hal senada juga diungkapkan oleh juru bicara Asosiasi Sepak Bola Eropa. 54 anggota kontingen UEFA dikabarkan juga telah bertemu di markas mereka di Nyon untuk membahas agenda yang sama.

Presiden UEFA Platini sempat digadang-gadang sebagai pilihan favorit yang akan menggantikan kursi Blatter sebagai pemimpin FIFA selanjutnya, sebelum akhirnya dia dijatuhi hukuman skorsing selama 90 hari oleh Komite Etik FIFA.

Hukuman kepada Platini itu terkait dengan penerimaan uang sejumlah 2,1 juta Swiss Francs (atau setara dengan US$ 2,1 juta) dari FIFA pada 2011 silam. Temuan itu menjadi salah satu bagian penyelidikan atas kasus yang menjerat Blatter.

Jaksa Penuntut Umum Swiss beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Platini berada dalam posisi sebagai saksi sekaligus tersangka. Namun, Platini dan Blatter menyangkal bahwa keduanya telah melakukan kejahatan dan mengajukan banding atas hukuman yang dijatuhkan kepada mereka.

Dijadwalkan, para calon kandidat presiden FIFA harus diajukan sebelum 26 Oktober mendatang. Dengan adanya kabar penundaan jadwal pemilihan presiden ini, besar kemungkinan tenggat waktu pendaftaran para kandidat pun bakal diundur. (meg/CNN)

Komentar