oleh

Pemantau Pilkada TTU, Belum Mendaftar

-Politik-97 Dilihat

KEFAMENANU, Terasntt.com —
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengakui hingga kini belum ada tim pemantau pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat yang mendaftar ke lembaga penyelenggara pemilu ini.

“Sampai sekarang belum ada tim pemantau pilkada yang mendaftar dan pihak kami masih memberi ruang untuk mereka mendaftarkan diri,” kata Ketua KPUD TTU, Felix Bere Nahak ketika dihubungi melalui ponselnya, Senin (10/11/2015)

Felix mengatakan, bagi yang bersedia menjadi tim pemantau bisa mendatangi KPU TTU untuk mendaftar.

” Semua berkas pelamar akan diteliti terlebih dahulu sebelum menerbitkan akreditasi agar mereka memiliki legalitas memantau,” kata Felix.

Menurut dia, adanya Tim pemantau menunjukkan salah satu bentuk partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap proses pilkada yang adil dan jujur.

” Sudah menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat guna mengawasi jalannya pelaksanaan pilkada, selain tanggung jawab Panitia Pengawas (Panwas), penyelenggara pemilu mulai dari KPU, PPK, PPS dan KPPS,” katanya.

Lembaga pemantau pemilu yang ingin mendaftar ke KPU daerah itu harus berasal dari lembaga resmi yang terdaftar minimal di Kesbangpol Kabupaten Timor Tengah Utara.

“Lembaganya juga harus memiliki administrasi yang jelas diantaranya memiliki sumber pendanaan organisasi yang jelas yakni AD / ART, serta tidak afiliasi dengan pasangan calon dan partai politik tertentu”, tegas Felix.(dit)

Komentar