oleh

Nilai Sumpah Pemuda Perlu Dilestarikan

-Daerah-21 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com – Pembaruan nilai kebangsaan perlu ditingkatkan agar rasa nasionalisme semakin kuat. Nilai sumpah pemuda juga perlu dilestarikan untuk merangsang bertumbuhnya keutuhan nasionalisme.

Demikian disampaikan Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kupang Erwan Fanggidae saat menyampaikan materi dalam Forum pembaruan kebangsaan, di ruang Sasando lantai 3 kantor Walikota Kupang, Rabu (6/4/2016).

Menurutnya, tindak lanjut dari SK Walikota Kupang no.41/Skep/HK/2016 tanggal 14 januari 2016 tentang pembaharuan kebangsaan di Kota Kupang perlu disikapi demi menciptakan rasa nasionalisme bagi seluruh lapisan masyarakat.
Dan nilai yang dianggap pas dengan kondisi bangsa Indonesia yang harus di kembangkan adalah nilai sumpah Pemuda dengan melestarikannya.
” Kita harus kembali miliki semangat sumpah pemuda karena itu perlu dilestarikan kembali agar mampu memiliki nilai nasionalisme. Agar kita tidak mudah dipengaruhi oleh nilai-nilai lain yang tidak baik seperti terorisme, isis dan kemerosotan moral bangsa,”katanya.
Sementara Danramil Alak, Kapten Infantri. Tanuri mengatakan, harus ada polarisasi yang tepat dalam menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan ditengah masyarakat.

Ia menilai ada kemerosotan moral yang mulai tampak di tengah kehidupan masyarakat saat ini.

Tanuri mengingatkan agar jangan sampai semangat wawasan kebangsaan melemah karena akan menimbulkan dampak buruk.

Untuk itu pihak TNI semakin giat melakukan kegiatan bersama masyarakat agar nilai NKRI tetap tertanam dalam kehidupan masyarakat.

” Kita TNI wajib berada ditengah masyarakat untuk selalu membangun nilai wawasan kebangsaan yang kuat. Kita anggota TNI selalu membangun koordinasi, komunikasi dan konsolidasi bersama masyarakat agar kita mampu memupuk wawasan kebangsaan,” katanya.
Hal senada juga dipaparkan ketua Forum Kebangsaan Kota Kupang, Umbu Saga Anakaka, bahwa ada indikasi kemerosotan moral terhadap wawasan kebangsaan, sehingga Ia berharap perlu adanya tingkat kesadaran yang utuh dari semua lapisan masyarakat dan berupaya mempertahankan nilai kebangsaan sebagai dasar hidup.

Ia bersepakat untuk menggali kembali nilai sumpah pemuda sebagai model nilai kebangsaan dan nasionalisme bangsa pada saat ini.

” Kita harus kembali menggali potensi nilai sumpah pemuda didalam kehidupan masyarakat sebagai model nilai kebangsaan dan rasa nasionalisme,” tandasnya.(man)

Komentar