oleh

Meriahkan HUT Kostrad, Prajurit Armed Gelar Lomba Ketangkasan

-Daerah-19 Dilihat

KEFAMENANU, Terasntt.com — Dalam rangka memeriahkan HUT Kostrad ke 55, Prajurit Yonarmed 11 / Kostrad RI – RDTL menggelar berbagai lomba ketangkasan bagi siswa – siswi SD dan SMP di wilayah perbatasan.

Lomba ketangkasan itu antara lain memukul plastik berisi air yang digantung dalam kondisi mata tertutup selembar kain, lomba memasukan pensil ke dalam botol, lomba berjoget dengan balon menempel pada hidung dua orang anak, lomba lari karung dan sejumlah kegiatan hiburan lainnya.

Disaksikan Terasntt.com, tampak para siswa – siswi ini sangat termotivasi untuk menunjukkan yang terbaik dan menjadi pemenang. Masing – masing peserta berjuang memenangkan lomba itu dengan susa payah.

Hadiah hiburan yang disiapkan komandan Pos, Lettu Arm Eko Purwanto pun beraneka – macam, mulai dari buku dan alat tulis menulis juga cendera mata berukiran nama Satuan Tugas Yonarmed 11 / Kostrad RI – RDTL.

Kegiatan hiburan permainan anak ini, dipimpin langsung Eko Purwanto dibantu belasan anggotanya diikuti sekitar 500 siswa siswi gabungan SDN dan SMPN Nunpo, di Desa Haumeni Ana kecamatan Bikomi Nilulat kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur , Kamis (3/3/2016).

Kegiatan tersebut menunjukkan TNI khususnya prajurit Yonarmed 11 / Kostrad Sektor Barat sangat peduli terhadap kebebasan anak dalam berekspresi.

Tidak hanya sekedar permainan anak yang digelar, namun pemberian bantuan buku dan sejumlah alat tulis menjadi fokus prajurit TNI dalam mengatasi kebutuhan para siswa. Kegiatan yang digelar Satgas Yonarmed 11 / Kostrad ini juga merupakan bagian dari bimbingan Teknis Kurikulum 2013. Pihak Satgas juga secara rutin memberikan pelayanan air bersih untuk kebutuhan sekolah dan membekali para siswa dengan disiplin ilmu dan waktu.

“Dalam rangka HUT Kostrad ke – 55 tahun 2016 ini, kami menggelar berbagai kegiatan dengan berfokus pada siswa – siswi SD dan SMP Negeri Nunpo yang terdekat dengan Pos Haumeni Ana. Kami ingin berbagi kebahagiaan Kostrad lewat beberapa permainan menguji ketangkasan anak. Anak – anak juga butuh berekspresi agar tidak bosan dengan teori dan ilmu yang diperoleh,” ungkap Purwanto.

Menurutnya, berbagi kebahagiaan dengan para siswa – siswi SD SMP Negeri Nunpo juga dapat mengobati rasa rindu prajurit TNI kepada anak – anak mereka yang ditinggal sejak bertugas di wilayah perbatasan RI – RDTL.

” Terharu sekali, melihat kegembiraan dan kebahagiaan mereka (anak – anak) ini, rasa rindu kepada anak kami yang terpisah selama bertugas di sini sungguh terobati,” sambung Purwanto.

Selain itu, menghadapi keluhan masyarakat dan pihak sekolah yang mengalami krisis air bersih sepanjang tahun, Purwanto juga mengaku secara rutin membantu mendistribusikan air bersih untuk mengatasi permasalahan di sana.

” Kita ketahui Desa Haumeni Ana ini sejak dulu mengalami krisis air bersih. Selain tugas pokok yang dilakukan, kita juga ikut membantu setiap kesulitan yang ada di desa ini terutama masalah air bersih. Begitupun masyarakat saling bahu membahu dengan TNI dalam menjaga keamanan di batas negara terutama menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” kata.

Pihak sekolah SD dan SMP Negeri Nunpo, merasa sangat terbantu dengan kehadiran TNI dalam keterlibatannya mengatasi beberapa masalah yang dialami.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak – bapak dari Satgas Yonarmed 11 / Kostrad, selama berada di sini, kami telah dibantu secara rutin dengan pendistribusian air bersih, anak – anak juga menjadi sahabat prajurit Armed dalam dunia pendidikan,” ungkap seorang guru, Yeremias Lake.(dit)

Komentar