oleh

Menteri Marwan naikkan Dana Desa jadi Rp 46,9 triliun

-Nasional-73 Dilihat

Merdeka.com – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun ini menganggarkan Rp 46,9 triliun bagi program dana desa. Angka ini naik dari anggaran tahun sebelumnya yang mencapai Rp 20,7 triliun.

“Tahun depan malah nambah menjadi sekitar Rp 90 triliun,” kata Marwan di kantornya, Selasa (1/3).

Marwan menjelaskan, untuk anggaran Dana Desa 2016, pihaknya memajukan waktu penyaluran yang awalnya direncanakan April menjadi Maret 2016. Jumlah desa yang menerima aliran program ini juga meningkat dari semula 74.093 desa menjadi 74.754 desa. Setiap desa memperoleh sekitar Rp 700 hingga Rp 800 juta per tahun.

Dia menjelaskan, persiapan Dana Desa 2016 telah siap maksimal, tinggal menunggu kucuran dana dari Kementerian Keuangan. Marwan menambahkan, Dana Desa merupakan program pertama yang dibuat oleh Pemerintahan Joko Widodo sejak Indonesia merdeka.

Politikus PKB itu menuturkan, Dana Desa diprioritaskan bagi pembangunan infrastruktur desa, membangun sarana dan pra sarana dasar seperti PAUD, dan Puskesmas. Selain itu, juga peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Marwan mengatakan, meski prioritas Dana Desa diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur desa, pihaknya tidak melarang jika dana itu digunakan untuk program lain. Namun begitu, penggunaannya tetap harus dipertanggungjawabkan.

“Saya kemarin ke Jogja, digunakan membangun irigasi. Penggunaan harus bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.(ang)

Komentar