oleh

Macam-macam alasan elite Golkar tak bisa jauh dari kekuasaan

-Politik-19 Dilihat

Merdeka.com – Partai Golkar akhirnya memutuskan menyeberang untuk mendukung pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Dukungan itu dibacakan pada acara penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (25/1) malam.

Hal tersebut berbeda dengan sikap partai beringin yang sebelumnya menyatakan akan menjadi partai penyeimbang pemerintah atau bisa dibilang oposisi. Seperti diketahui, dalam Pilpres 2014 lalu, Golkar mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, bukan mendukung Jokowi-JK.

Bahkan kala itu Wakil Ketua Umum Partai Golkar Fadel Muhammad pernah mengatakan, Akbar Tandjung dan Aburizal Bakrie (Ical) menyampaikan bahwa Golkar siap menjadi oposisi jika Jokowi-Jusuf Kalla memimpin negeri ini.

“Ya saya dengar siap (oposisi). Waktu kami Salat Idul Fitri di Golkar, mereka berdua mengeluarkan statement siap beroposisi,” tegas Fadel di kediamannya, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/7/2014).

Namun kini sikap beringin berubah. Partai warisan Orde Baru itu kini balik badan mendukung pemerintah Jokowi-JK. Beringin menunjukkan tak bisa jauh dari kekuasaan. Saat era Orde Baru, Golkar merupakan partai penguasa. Begitu juga di era Reformasi, Golkar selalu berada di dalam lingkaran kekuasaan.

Berikut macam-macam alasan elite Golkar dukung Jokowi-JK dan tak bisa jauh dari kekuasaan;[dan]

Komentar