oleh

Kodim TTS Gelar Lomba Burung Berkicau

-Daerah-78 Dilihat

Soe, terasntt.com — Kodim 1621 Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar lomba burung berkicau Dandim Cup se daratan Timor, di halaman Makodim setempat, Minggu (2/12/2018). Peserta lomba berasal dari club dan perorangan dari wilayah Kota Kupang, TTS ,TTU , Belu dengan 300 jenis burung.

Dandim TTS  Letkol CPN Rino Ch Tuwo saat diwawancarai mengungkapkan, bahwa kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika 2018 selain bakti sosial dan beberapa kegiatan lainnya.

Menurutnya lomba kicau burung ini baru pertama digelar di Soe dengan tujuan agar mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan kicauan burung kepada masyarakat agar jangan dimusnakan.

Lebih lanjut katanya, selain itu juga simbol  burung ada relevansi dengan Angkatan Darat yakni  Kartika Ekaparsi yang  artinya burung tangguh untuk mencapai cita-cita.

” Ini kita membuka mata masyarakat  kalau biasa pelihara burung, kan enak duduk sambil menikmati kicauan burung di pagi hari,” ujarnya.

Ia merincikan bahwa 5 kelas yang dilombakan terdiri dari 5 sub dengan sistem penilaian kicauan terbaik tanpa bergerak selama 2 menit  dan akan dinilai olen tim juri dari Ranggalawe Nusantara Kupang.

Para club yang juara  akan memperoleh hadiah, sertifikat, penghargaan dan piala bergilir.

Sementara itu Ketua Tim BBC  Kupang Haji Faren kepada media mengatakan timnya berharap bisa mendapat juara umum karna  untuk semua jenis burung sudah 14 kelas sesi pertama dilombakan ada tiga kelas yang meraih juara 1.

Ketika ditanya kiat khusus dalam menghadapi lomba, ia menjelaskan, bahwa seminggu  sebelum lomba harus memperhatikan pola makan burung semisal memberi vitamin.(sys)

Komentar