oleh

Ketua DPR Dilaporkan ke MKD Atas Dugaan Gratifikasi

-Politik-19 Dilihat

Jakarta, CNN Indonesia — Ketua DPR Ade Komarudin diadukan ke Mahkamah Kehormatan Dewan. Aduan itu berkaitan dengan dugaan penerimaan gratifikasi berupa fasilitas pesawat jet mewah untuk keliling ke daerah.

Aduan itu disampaikan oleh Lembaga Advokasi Kebijakan Publik (LAKP). Koordinator LAKP M. Adnan mengatakan aduan ini bermula dari beredarnya foto di media sosial, Ade Komarudin bersama sejumlah anggota DPR fraksi Golkar di pesawat jet mewah.

“Kami ada fotonya dan ini sudah ada di media sosial. Jadi kami harap MKD bisa lebih pro aktif memanggil pihak terkait,” ujar M. Adnan di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (23/2).

Di foto tersebut ada Ade Komarudin, Bambang Soesatyo, Titiek Soeharto, Ahmadi Noor Supit, MS Hidayat, Misbakhun dan Firman Soebagyo.

Adnan mengatakan berdasarkan informasi yang diterimanya, fasilitas itu diberikan dari pengusaha yang berasal dari Kalimantan. Dalam laporannya ke MKD, dia mengaku hanya melampirkan dua lembar foto yang beredar di media sosial tersebut.

Karenanya, dia berharap MKD dapat menelusuri lebih lanjut dugaan gratifikasi berupa pemberian fasilitas tersebut. “Itu tugas MKD (mengklarifikasi) kami sebagai kelompok hanya melaporkan,” tuturnya.

Adnan membantah aduannya bermuatan politis. Ade Komarudin merupakan salah satu kader Golkar yang disebut-sebut paling berpotensi menjadi Ketua Umum menggantikan Aburizal Bakrie.

“Kami dari kelompok masyarakat tidak ada kepentingan dengan partai. Tugas kami mengawal agenda DPR. Kami ingin DPR lebih terhormat,” ucapnya. (rdk)

Komentar