oleh

Kesra Guru, Kadis Sippa Sebut Ada yang Tersenyum Tapi Ada Juga Cemberut

Kadis P & K TTS, Seperiis Edizon Sippa/ foto erik sanu

Soe, terasntt.com — Kadis P dan K Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Seperius Edizon Sippa mengatakan, bahwa terkait dana kesra guru ada yang bisa tersenyum lepas tapi ada juga yang berwajah cemberut.

” Bertepatan dengan hari guru ini ada khabar gembira bagi para guru. Tentu tidak semua, ada yang tersenyum tapi ada juga yang cemberut. Tersenyum karena selain menerima kesra juga ada tunjangan lainnya. Sementara ada guru yang masih menjerit terutama guru honor,” kata Sippa di sela – sela upacara peringatan hari guru di Taman Wisata Bua’t, Senin (25/11/2019).

Menurut, khusus untuk guru honor ada yang memperoleh gaji besar, jika sekolah tersebut siswanya banyak sehingga ketika dibagi 15% honornya lumayan besar. Sementara sekolah yang siswanya sedikit maka guru menerima honor hanya berkisar Rp 100.000 , namun saat ini rata – rata Rp 250.000.

” Kita berharap lewat momen hari guru bagi mereka yang lulusan sarjana bisa mengikuti seleksi CPNS dan saya doakan lulus,” ujar Edi Sipa sapaan akrab Kadis PK.

Sippa mengatakan, pemerintah tetap berupaya mengalokasikan insentif bagi guru – guru yang dibagi dalam tiga kategori, yakni derah sangat terpencil sebesar Rp 1.000.000, daerah terpencil Rp 500.000 dan yang terjangkau seperti di kota sebesar Rp 250.000 dan itu disesuaikan dengan anggaran yang ada di dinas.

Ia mengakui anggarannya menurun akibat rasionalisasi dan hal itu terlihat dari kuota guru yang mendapat insentif sebanyak 3000 lebih orang tahun lalu, dan untuk tahun ini hanya seribu lebih sedangkan tahun depan hanya 1.000 guru.

” Ya kita harus akui menurun karena rasionalisasi anggaran dari Rp 33 milyar menjadi Rp 10 milyar, saya tidak bisa buat apa – apa,” tandanya.

Menurutnya, guru bukan pahlawan tapi dia menciptakan pahlawan dan tidak bisa dipungkiri jasa guru itu besar sekali.(sys)

Komentar