oleh

Kesadaran Masyarakat Buang Sampah Sembarangan Masih Rendah

-Daerah-72 Dilihat

Kupang, Terasntt.com,- Kesadaran masyarakat  dalam membuang sampah sembarangan dinilai Pemerintah Kota Kupang masih rendah

“Saat ini memang kesadaran warga dalam membuang sampah pada tempatnya sangat rendah. Sehingga hal itulah yang kami harpakan perlu adanya pengawasan secara baik  ditingkat bawah yakni organisasi, masyarakat, RT/RW sangat dibutuhkan,” ujar Wakil Wali Kota Kupang, dr.Hermanus Man kepada wartawan, Selasa (2/4).

Ia mengungkapkan , secara himbuan maupun aturan baik Perda yang didalam termuat juga dendanya, namun kadang-kadang masyarakat masih seenak-enaknya membuang sampah secera sembarangan, sehingga masih banyak tumpukan sampah dipinggiran badan jalan yang bukan sebagai tempat pembuangan sampah.Hal ini yang  sangat mengganggu dan membuat lingkungan menjadi kotor.

Keadaan tersebut pun sering ditanggapi bahwa pihak pemerintah tidak melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah. “Ya kadang-kadang pemerintah dalam hal ini dinas teknis mendapat sorotan  masyarakat bahwa sampah tidak terangkut oleh tim kebersihan, padahal mereka tidak sadar bahwa merekalah yang membuang sampah tersebut,” katanya.

Dirinya mengungkapkan, kebersihan itu tercipta karena diri sendiri dan hasilnya adalah masayarakat sendiri yang merasakan. Oleh karena itu, Ia  berharap melalui pembagain motor sampah ini, kiranya dapat membantu mengatasi masalah persampahan di wilayah kelurahan. Motor  sampah diistilahkannya sebagai tempat sampah bergerak.

“Ya saya berharap kelurahan dapat merumuskan secara baik dalam penggunaan motor sampah tersebut,” katanya.

Selain itu, tambahnya dalam pengelolaan motor sampah ini kelurahan juga harus transparan jika masyarakat dikenakan iuaran, sehingga adanya rasa tanggungjawab yang baik antara kelurahan dan masyarakat terlebih dalam perawatan motor sampah tersebut.(Yon)

Komentar