oleh

Kepolisian menjadi institusi yang sering dilaporkan ke Komnas HAM

-Hukrim-22 Dilihat

Merdeka.com – Kepolisian dalam tiga tahun terakhir menjadi institusi yang sering dikomplain masyarakat kepada Komnas HAM. Untuk itu Komnas HAM akan bersinergi dengan kepolisian untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan kepolisian.
“Kita melakukan langkah-langkah baik pengawasan melalui proses investigasi maupun membangun MoU dengan internal kepolisian,” kata Nur Kholis ketua Komnas HAM saat menghadiri forum diskusi di Kantor Komnas HAM Jakarta, Jumat (16/10).
Dirinya menambahkan, MoU dibuat untuk memudahkan pengawasan terhadap kinerja Kepolisian. Selain itu dia menilai MoU ini akan membangun mekanisme bersama dalam proses investigasi.
“MoU yang dimaksud untuk melakukan investigasi sekaligus memudahkan kerja pengawasan terhadap kinerja kapolri juga ditujukan untuk membangun mekanisme bersama dalam proses investigasi maupun di tujukan untuk melakukan pelatihan-pelatihan,” lanjutnya.
Dirinya berharap langkah ini mampu mengurangi komplain masyarakat terhadap institusi penegak hukum Indonesia. Laporan yang dilayangkan masyarakat terhadap kinerja kepolisian beragam.
“Pertama adalah penanganan kasus lamban, tindakan sewenang-wenang, dan terakhir adalah kriminalisasi,” ujarnya.[amn/merdeka.com]

Komentar