oleh

Kasus Air Ile Boleng Akan Ada Pemeriksaan Khusus

-Daerah-80 Dilihat

Kupang, terasntt.com –– Kasus pengadaan air bersih untuk Wilayah Kecamatan Ile Bolen Adonara, Kabupaten Flores Timur  (Flotim) yang menelan dana Rp 10 miliar lebih akan ada pemeriksaan khusus. Ini terkait dengan perencanaan yang tidak matang.

” Jadi kami punya rekondasikan LKPJ bupati itu salah satunya, bahwa proyek tersebut dipending karena akan ada pemeriksaan khusus karena pencairan dana sudah mencapai Rp 2 miliar lebih tapi tidak jalan dan sumber airnya tidak jelas. Ini keselahan perencanaan,” tegaskan Ketua DPRD Flores Timur Yosef Sani Bethan via telepon selular kepada redaksi terasntt.com, Jumat (17/5/2019).

Nani sapaan Yosep Sani Bethan menduga pencairan uang muka 20 persen proyek tersebut atau senilai Rp 2 miliar lebih yang sudah dicairkan itu digunakan untuk kepentingan pileg yang baru berlalu.

Untuk diketahui, bahwa proyek tersebut awal mulanya hendak mengambil sumber air dari Wai tahik di Desa Lite, Kecamatan Adonara Tengah namun di tolak masyarakat, lalu dipindahkan ke lokasi lain yakni Waikesi di Dusun Lamaluo, Desa Horowura kecamatan setempat juga ditolak masyarakat karena mereka juga membutuhkannya untuk kepentingan mandi dan cuci serta ritual adat suku setempat sehingga tidak boleh dibendung.

Berbagai upaya pemerintah melalui pihak desa dan tuantanah cukup maksimal, namun tetap dipertahankan masyarakat penerima manfaat.(mas)

Komentar