oleh

Kado Buat Orang Terkasih, Ketika Tak Bersama Di Hari Natal dan Pergantian Tahun

-Humaniora-71 Dilihat

Oleh : Erik Sanu

Soe, terasntt.com — Masih dalam suasana Hari Natal dan menjelang pergantian tahun, berbagai hal dilakukan bagi orang – orang terkasih. Memberi kado untuk mereka yang terkasih apa itu uang, pakaian bagus atau makanan lezat juga cara lain ditempu agar bisa membahaigakan mereka.

Tidak masalah jika kita memberikan itu semua untuk orang terkasih. Tapi tahukah Anda bahwa ada kado lebih indah yang dapat kita berikan pada orang – orang yang kita kasihi melebihi hal – hal tersebut ? Sesuatu yang sangat murah dan ada pada diri kita serta lebih bermakna dibandingkan dengan uang atau sesuatu yang mahal. Lalu apa saja kado terindah itu ?
1. Kehadiran Anda di antara mereka, coba anda bayangkan jika di hari raya Natal atau pergantian tahun, orang terpenting dalam hidup anda tidak hadir, entah itu isteri, suami, anak, ayah, ibu atau juga kakek dan nenek. Pasti ada perasaan kurang sreg dihati. Momen bahagia dimana anda dan keluarga serta sanak saudara yang harusnya berkumpul tidak dapat anda rasakan sepenuhnya. Jaman memang sudah modern, kita bisa saja menggunakan sarana telepon, BBM, WA, FB dan masih banyak lagi untuk tetap keep in touch dengan mereka. Tapi tentu saja rasanya berbeda dengan bertemu langsung. Kehadiran merupakan salah satu hadiah yang tak ternilai harganya. Kita bisa bisa berinteraksi langsung dengannya, dapat berbagi sukacita bersama, dan mencurahkan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Jadi jangan heran jika di hari raya keagamaan banyak orang beramai-ramai untuk pulang kampung, karena memang mereka sendiri tidak ingin melewati momen bahagia tersebut. Jadikan kehadiran Anda sebagai pembawa kebahagiaan di hari Natal dan jelang pergantian tahun.

2. Saling mendengarkan,
dapatkah anda memberikan hal ini kepada orang terkasih? karena kebanyakan dari kita lebih ingin di dengarkan dari pada mendengar. Padahal keharmonisan antar umat manusia sangat di tentukan oleh kemampuan diri untuk saling mendengarkan. Ciptakan kedamaian dengan kesediaan kita dalam mendengar. Dengan begitu, kita telah menciptakan rasa mengalah dan rendah hati didalam diri sendiri.

3. Berikan senyuman
kekuatan, sebuah senyuman itu sangat luar biasa. Jika seseorang sedang dirundung rasa stress, sedih ataupun marah, hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Tapi tahukah ketika anda memberikan senyum tulus, keadaan yang tadinya tegang, beku, bahkan sangat tidak kondusif bisa berubah menjadi hangat dengan hal tersebut. Jangan pelit memberikan senyuman, karena senyuman merupakan sebuah tanda bagi anda untuk mau membuka diri pada orang orang disekitar !

4. Berpikir Positif
Mari renungkan, berapa banyak penilaian negatif yang keluar ketika anda menilai pikiran, tanggapan atau tindakan orang-orang sekitar? Mungkin selama ini kita selalu merasa kita selalu benar dan orang lain salah. Berilah respon postif pada setiap hal yang mereka atau orang terkasih kemukakan. Berikan pujian, ucapkan rasa terimakasih, dengan begini kado terindah yang Anda berikan tentu akan selalu dikenang dan tidak akan luput dari ingatan mereka begitu saja.

5. Keindahan
Di dunia ini tidak ada yang namanya manusia buruk rupa. Hanya kitanya saja yang terkadang kurang menyadari bahwa diri kita itu indah. Siapa yang tidak senang jika orang terkasih merasa bahagia ketika kita berpenampilan lebih ‘indah’ dari biasanya? Tampil cantik dan rupawan juga merupakan kado, dan sangat tidak salah jika kita memberikannya setiap hari.

6. Mengalah
Masalah yang anda hadapi tidak semuanya pantas untuk dijadikan bahan pertengkaran. Bukan masalah jika sahabat atau sesama mu melakukan hal yang menyakitkan bahkan mungkin saling menyikut antar orang orang terdekat. Ketika Anda bersedia untuk mengalah itu berarti Anda sudah melunturkan rasa sakit hati dan menyadari bahwa di dunia ini tidak ada satupun manusia yang sempurna.

7. Memberi Kebebasan
Mencintai dan menyayangi seseorang bukan berarti kita harus mengekangnya dan menelisik setiap apa yang ia perbuat.

Memberi kebebasan adalah suatu perwujudan cinta, tapi bukan berarti bisa berbuat seenaknya. Ketika kita memberi kebebasan kepada orang yang kita kasihi, itu berarti kita memberinya sebuah kepercayaan untuk bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan dan juga perbuat.Namun kebebasan yang pada tempatnya agar tidak sampai kebablasan karna disalah gunakan.
Jika anda melewatinya di hari Natal, lakukanlah jelang pergantian tahun bersama orang orang terdekat yang anda kasihi.(*)

Komentar