oleh

Jokowi lantik Cagub-Cawagub pemenang Pilkada pertengahan Februari

-Nasional-19 Dilihat

Merdeka.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tujuh Gubernur yang terpilih dalam pemilihan kepala daerah serentak di Istana Negara pertengahan Februari 2016. Pelantikan ini dilaksanakan setelah Presiden bertolak dari Amerika Serikat untuk menghadiri ASEAN-US Summit.

“Sementara yang sudah pasti ada tujuh Gubernur yang akan dilantik Presiden di sini (Istana). Mudah-mudahan setelah beliau kembali dari Amerika (pertengahan Februari) akan dilakukan pelantikan,” ungkap Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (2/2).

Tujuh Kepala Daerah yang akan dilantik itu di antaranya Provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Adapun pelantikan Bupati/Wali Kota terpilih akan dilakukan di Provinsi masing-masing. Kata Tjahjo, untuk Bupati/Wali Kota yang akan dilantik lebih dari 200 kepala daerah.

“Setelah dilantik di Provinsi, mereka akan diundang oleh Presiden ke Istana untuk diberi pengarahan,” bebernya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sejumlah kepala daerah yang akan dilantik oleh Presiden secara bersamaan adalah yang tidak bersengketa.

“Mendagri telah meminta waktu dan menyodorkan waktu minggu kedua pada bulan Februari untuk pelantikan Gubernur yang tidak ada masalah,” kata Pramono.

Dia menuturkan, Gubernur terpilih yang masih berpotensi bersengketa dalam Pilkada serentak cuma kepala daerah Kalimantan Tengah.

“Yang lainnya sudah selesai, maka pelantikan Gubernur akan dilakukan di Istana,” pungkas dia.

Baca juga:
Dukung Jokowi bangun Danau Toba, PDIP siap menangi Pilbup Simalungun
Maju Pilgub, Tantowi dapat dukungan dari seniman Banten
Pelantikan 7 kepala daerah terpilih bakal digelar meriah & mewah
Pasal 158 UU Pilkada dianggap mengangkangi keadilan
Kekhawatiran MK menjadi ‘Mahkamah Kalkulator’ akhirnya terbukti
Tak memiliki legal standing, gugatan cabup Rokan Hulu ditolak MK
Survei SSI: Pilkada serentak masih didominasi petahana.[rnd]

Komentar