oleh

Jika Tidak Ada Halangan Dua Minggu Kedepan Pemkot Bentuk Pansel

-Daerah-80 Dilihat

Kupang,Terasntt.com,- Jika tidak ada halangan Pemerintah Kota Kupang,dua minggu kedepan Pemerintah Kota Kupang akan bentuk Panitia Seleksi(Pansel) guna mengisi 10 jabatan di Lingkup Pemerintah Kota Kupang yang lowong.

10 jabatan yang kosong tersebut yakni Dinas Kependudukan, Disprindag, Dinsos, Dinas Pendidikan, Dinas Nakertrans, Badan Penanggulangan Bencana, Penanaman Modal dan Perijinan, Dinas Perhubungan, Badan Keluarga Berencana, Asisten II Setda Kota Kupang.

Kepala BKD Kota Kupang, Adi Manafe kepada wartawan, saat dikonfirmasi kapang rencana Pemkot Kupang melakukan pengisian jabatan yang lowong, di Balai Kota Kupang, Selasa (4/9), menjelaskan, mengacu pada perturan pemerintah No. 11 tahun 2017 dan Permen No.38, untuk pengisian jabatan tinggi pratama harus dibuat standar kompentensi dan diserahkan ke Kemen PAN.Dan kemudian mereka (Kemen PAN) melihat standar apakah sudah cocok atau belum.

Jika, lanjutnya dari syandar kompentesi ini cocok, maka dikembalikam ke Pemerintah Kota melalui sebuh rekomendasi, selanjutnya melalui rekomendasi tersebut disampaikan pemerintah kota ke KASN beserta usulan sekalian guna membentuk Pansel.

“Untuk itu kami telah sampai pada tahap tersebut yakni mengirim standar kompentensi ke KASN dengan jangka waktu tiga bulan.Namun dengan melihat kondisi Kota Kupang yang sudah lama akan jabatan yang belum terisi, maka saya minta kebijakan guna dipercepat,” tambahnha.secara aturan Kemen PAN prosesnya paling lambat tiga bulan dilakukan eveluasi dan kemudian dikirimkan rekomendasi ke pemerintah kota.Sehingga jika tidak ada halangan dengan tahapan proses sudah sampai ke KASN maka dua minggu kedepan sudah bisa dibentuk Pansel.

“Memang kita masih ada sedikit kendala pada asesor, sebab asesor ini dari provinsi.Tetapi kami telah meminta kesidiaan mereka  dan mereka telah menyanggupi dua minggu kedepan kita sudah bisa bentuk Pansel,” katanya.

Dia mengaku, dengan diabentuknya Pansel ini maka pemerintah kota akan membuka lowongan pendaftar dengan batas waktu dua minggu.Dan jika dalam dua minggu pemdaftar belum mencapai kuaota, maka akan diperpanjang lagi sebab minimal sesuai persyarataan untuk pelamar 4 orang pelamar.

“Pelamar terbuka untuk umum, namun untuk dilingkup pemerintah kota, karena secara SDM mereka tidak kalah dari luar, sehingga kita utamakan mereka yang ad di kota ini,”  ujarnya.

Memang, katanya bisa dibuka pendaftaran untuk dari luar ikut mendaftar, kecuali yang melamar dari dalam tidak memenuhi syarat akan jumlah kuota yang diharapkan.

Namun, lebih jauh dikatakannya hal ini juga dapat dilakukan dengan cara lain, sebab jabatan administrator terdiri dari pejabat esalon III b dan III a bisa ikut.(Yon)

 

Komentar