oleh

Hadapi UN 2020, Dewan Minta Disdikbud Kota Lakukan Persiapan Awal

-Daerah-71 Dilihat

Kupang,Terasntt.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kota Kupang, meminta Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk melakukan persiapan secara maksimal lebih awal bagi sekolah baik tingkat SD maupun SMP, dalam menghadapi Ujian Nasional  2020.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kota Kupang, Richard Odja kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Kupang  Kamis ( 26/9) .

“Kita harapkan Dinas Pendidikan melakukan inovasi-inovasi dan lompatan-lompatan lebih awal bagi sekolah agar dalam pelaksanaan UN 2020 sudah ada kesiapan yang baik dari guru maupun para pelajar dalam mengikuti UN tidak menemui kendala, dan bisa santai serta tidak tegang,” harapnya.

Dia menambahkan, apa lagi melalui kebijakan pemerintah pusat untuk tingkat SMP Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), maka persiapan harus perlu dilakukan lebih awal.

“Ya kita bersyukur pada tahun kemarin belum semua sekolah SMP di kota wajib melakukan UNBK, sehingga masih di maklumi. Namun tahun depan diwajibkan semua sekolah melakukan UNBK maka pastinya perlu ada persiapan mantang dari sekarang,” ungkap legislator  asal Partai Gerindra yang sesuai informasi untuk komposisi pada AKD  Fraksi Gedra menempati dirinya di Komisi IV yang membidangi pendidikan tersebut.

Terpisah Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumul Djami mengatakan, secara kesiapan sudah dilakukan, walaupun UN tingkat SD baru dapat dilakukan pada Bulan Mei 2020 dan tingkat SMP pada Bulan April 2020.

“Kami telah melakukan langka-langka dalam menghadapi UN, baik itu gurunya maupun siswanya,” ujarnya

Menurutnya, peringkat Kota Kupang pada UN 2018 lalu ada di urutan 18 , karena itu untuk tahun 2019 pihaknya menargetkan bisa masuk 10 besar.

“Kenapa kita optimis masuk 10 besar, karena saat ini banyak sekolah sudah menerapkan UNBK. Tingkat kejujuran tinggi, siswa sendiri mengerjakan soal yang berbeda antara siswa yang satu dengan yang lain walaupun duduk berdekatan,” tuturnya.(Yon)

Komentar