oleh

Evakuasi Aviastar Libatkan 100 Lebih Warga

-Nasional-21 Dilihat

Jakarta, CNN Indonesia — Seratus lebih penduduk Kecamatan Latimojong, Sulawesi Barat dan sekitarnya turut membantu tim gabungan dalam proses evakuasi jenazah penumpang Aviastar MV 7503 rute Massamba – Makassar yang ditemukan terjatuh di desa Ulusalu, Kecamatan Latimojong, Sulawesi Barat pada Senin kemarin.

Koordinator tim gabungan posko induk Kabupaten Luwu Aminnudin mengatakan saat ini tim gabungan bersama dengan warga sudah berangkat menuju lokasi ditemukannya pesawat.
“Tim sudah di atas (lokasi). Tim di atas sudah menginformasikan ke kami di sini untuk tidak lagi menambah personel lagi. Sudah cukup untuk evakuasi jenazah,” kata Aminnudin saat dihubungi CNN Indonesia, Selasa (6/10).
Lebih jauh, Aminnudin mengatakan jumlah personel yang dikerahkan untuk proses evakuasi ini adalah 10 orang dari tim Kapolres Luwu, 100 orang warga bersama Bupati Luwu, dan 15 orang dari tim Badan SAR Nasional.

Aminnudin mengatakan saat ini Kepala Basarnas juga sudah mendarat di Kecamatan Latimojong dan sedang menuju lokasi ditemukannya jenazah dan puing pesawat Aviastar MV7503.

Sementara itu, untuk rencana evakuasi, Aminnudin mengatakan jenazah akan langsung dibawa menuju Makassar dengan menggunakan helikopter. Keluarga korban, ujarnya, semuanya menunggu di Crisis Centre Aviastar di Makassar, Sulawesi Selatan.

Di sisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyarankan agar evakuasi pesawat Aviastar dilakukan setelah pukul 9 pagi waktu setempat, Selasa (6/10). Ini karena cuaca di lokasi jatuhnya Aviastar, Gunung Latimojong, Luwu, Sulawesi Selatan, pagi ini masih berkabut.

“Paling baik evakuasi dilakukan di atas jam 9 pagi. Dari pantauan BMKG, sampai saat ini Pegunungan Latimojong berkabut. Itu hal biasa untuk wilayah pegunungan,” kata Kepala Sub-Bidang Informasi BMKG Harry Tirto Djatmiko kepada CNN Indonenesia.

Pencarian dalam kondisi berkabut cenderung lebih berisiko karena terbatasnya jarak pandang. Namun BMKG memperkirakan kawasan Latimojong akan cerah menjelang siang dan sepanjang malam ini.
Kabut juga membuat Badan SAR Nasional belum bisa menuju lokasi jatuhnya Aviastar. Deputi Bidang Operasional Basarnas, Heronimus Guru, mengatakan begitu kabut turun, Basarnas akan segera mengerahkan personelnya ke sana.

Pencarian dalam kondisi berkabut cenderung lebih berisiko karena terbatasnya jarak pandang. Namun BMKG memperkirakan kawasan Latimojong akan cerah menjelang siang dan sepanjang malam ini.

Kabut juga membuat Badan SAR Nasional belum bisa menuju lokasi jatuhnya Aviastar. Deputi Bidang Operasional Basarnas, Heronimus Guru, mengatakan begitu kabut turun, Basarnas akan segera mengerahkan personelnya ke sana.(utd/CNN)

Komentar