oleh

DKP NTT Bangun Rumah Niaga

-Ekbis-76 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) provinnsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mendirikan Rumah Niaga.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) NTT, Abraham Maulaka kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (12/1/2016) siang.

Ia menjelaskan, rumah niaga tersebut telah didirikan di Kelurahan Naikoten Kupang namun belum diresmikan.
”Sudah dibangun tetapi belum diresmikan. Sambil mencari Sumber Daya Manusia (SDM) dan produknya. Pembangunan rumah itu bagian dari upaya pemerintah untuk menghadapi MEA, jadi produknya harus bagus dan tenaga SDM benar-benar siap,” ujarnya.

Rumah Niaga tersebut nantinya, berungsi menjual produk olahan biota laut, seperti, agar-agar dari rumput laut, naget, keripik rumput laut,abon ikan dan menyokong UMKM yang mengeloloa produk tersebut.

“ Selama ini ibu-ibu bingung mau jual produknya kemana, karena tidak ada pasar, makanya kami bangun supaya hasil usaha mereka bisa dijual di Rumah Niaga,” terangnya.

Selain membangun Rumah Usaha Niaga tambahnya, dalam Tahun Anggaran 2016, DKP NTT akan akan membangun pabrik rumput laut di Kabupaten Lembata.

” Kita sudah usulkan ke pusat dan mendapat respon bagus,” ujarnya.

Sesuai perencanaan yang dibuat pihaknya kata mantan Wakil Bupati Alor ini, diperkirakan akan menghabiskan anggaran yang berkisar Rp 30 Miliar hingga Rp 40 miliar.

”APBD kita tidak sanggup untuk membiayai itu jadi tunggu dana APBN. Mudah-mudahan tahun ini bisa teralisasi. Semua gebrakan itu kita lakukan untuk menghadapi MEA,” tambahnya.(bet)

Komentar