oleh

Disnak TTS Kembangkan Pembibitan Babi di Setiap Kecamatan 

-Daerah-64 Dilihat

Soe, terasntt.com — Salah satu visi dan misi bupati TTS adalah meningkatkan ekonomi masyarakat lewat peternakan babi. Untuk mewujudkannya Dinas Peternakan melalui program pembibitan dan penyediaan pakan ternak pada setiap kecamatan pada  tahun 2020 nanti.

Hal ini dikatakan oleh Kadisnak drh. Benyamin Billi saat ditemui di ruang kerjanya,  Senin (20/5/2019).

Menurutnya,  tentang rencana Disnak untuk memfasilitasi pembibitan ternak babi di seluruh kecamatan, sehingga ketika masyarakat peternak membutuhkan bibit tidak perlu jauh mencari dan perputaran tetap di wilayah kecamatan tersebut.

” Untuk saat ini tempat pembibitan hanya ada di Nonohonis  dan Noenbila namun sedang direncanakan tahun depan diharapkan ada di setiap kecamatan,” ujarnya.

Selain dikembangkan pembibitan juga
diusahakan bisa bangun pabrik pakan mini untuk memproduksi pakan ternak yang nantinya akan menyuplai bagi para peternak .

Lebih lanjut katanya, rencana setiap kecamatan disediakan 10 ekor induk babi untuk pembibitan dan jikalau belum menjangkau semua kecamatan maka akan dialokasikan untuk tahun berikutnya dan hal ini akan diimplementasikan mulai tahun 2020 karena saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Kenapa harus pengembangan ternak babi, jelas Kadis Billi bahwa ternak babi pasarnya bagus dan cepat terutama daratan Timor sehingga memang ini adalah peluang meningkatkan ekonomi masyarakat  lewat ternak babi dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap visi misi Bupati.

” Kita liat ternak babi pasarnya bagus dan cepat, bukan berarti ternak sapi tidak dilakukan,” ujarnya menampik anggapan bahwa pengembangan sapi diabaikan.

Sementara untuk bantuan dalam  bentuk hibah lewat kelompok yang selama ini, menurutnya tidak jalan sehingga kedepan jikapun ada  bantuan hibah lagi, itu dikhususkan untuk mengentaskan kemiskinan.

” Saya berharap alokasi anggaran lebih besar lagi sehingga rencana ini berjalan dan yang pasti kita eksen tahun depan,” pungkasnya.(sys)

Komentar