oleh

Clinton, Bakal Capres AS yang Dinilai Paling Paham Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia — Kandidat calon presiden Amerika Serikat tak hanya berlomba mencari perhatian dari warganya, tapi juga seluruh dunia. Menurut pengamat politik dari Georgestown University, Casimir Yost, kandidat capres AS yang paling mengerti mengenai Indonesia adalah Hillary Clinton.

Yost mengatakan bahwa sangat penting bagi para calon kandidat presiden untuk menarik perhatian komunitas internasional, terutama Asia. Pasalnya, kebijakan yang diambil oleh pemerintah AS akan berpengaruh terhadap Asia, begitu pula sebaliknya.

“Kini, kami melihat ada empat negara Asia yang mengalami peningkatan pesat dalam ekonomi, yaitu Jepang, China, India, Indonesia, 40 persen populasi dunia. Tentu harus ada yang paham tentang kawasan ini. Kandidat yang paling paham tentang ASEAN dan Indonesia adalah Hillary Clinton,” ujar Yost setelah memberikan seminar di Jakarta, Rabu (3/2).

Pria yang bekerja di Senat AS ini kemudian menjabarkan bahwa Clinton sangat paham mengenai Asia Tenggara dan Indonesia karena ia pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS periode 2009-2013.

Yost juga mengatakan bahwa jika Clinton menjadi presiden AS, kebijakan luar negeri Washington tentu akan sangat memerhatikan ASEAN.

“Kebijakannya akan mirip dengan Obama yang sangat memerhatikan kawasan Asia Tenggara. Akan banyak kebijakan menyangkut kawasan dan negara ini. Clinton juga menunjukkan kecintaannya terhadap rakyat Indonesia,” ucap Yost.

Kendati demikian, Yost juga melihat potensi dalam diri dua kandidat capres dari Partai Republik, yaitu Jeb Bush dan Marco Rubio.

“Rubio adalah warga Kuba-Amerika yang patut diperhatikan. Rubio dan [Jeb] Bush paham mengenai kawasan ini,” kata Yost.

Namun, Yost mengatakan bahwa siapapun kandidat yang terpilih menjadi presiden harus menggandeng satu orang khusus yang mengerti tentang Asia.

“Saya harap, siapapun yang terpilih, mereka dapat menggandeng asisten yang paham betul Asia,” katanya. (ama)

Komentar