oleh

Cegah Covid-19, Prodi Sanitasi Poltekes Kupang – Kelurahan Babau Memberi Edukasi dan Bagi Masker Kepada Masyarakat

-Humaniora-82 Dilihat

Prodi Sanitasi Poltekes Kupang – Kelurahan Babau bagi masker kepada masyarakat setempat, Jumat (1/5/2020).

Kupang, teras-ntt.com — Peran serta Prodi Sanitasi Poltekes Kupang mencegah penyebaran corona virus,
dengan memberi edukasi dan membagikan 6000 masker secara gratis yang siapkan masyarakat secara swadaya kepada masyarakat di Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Jumat (1/5/2020). Memperlancar kegiatan kemanusiaan para Dosen Prodi Sanitasi bekerjasama dengan pemerintah kelurahan setempat.

Ketua Tim Dosen Agustina, SKM., M.Kes, mengharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan Edukasi kepada masyarakat, terkait penangan Covid-19 dan penggunaan masker.

” Kegiatan Ini sebagai salah satu bentuk partisipasi Institusi terhadap penanganan Covid-19 yang sudah masuk di wilayah NTT. Pihak institusi Khususx Prodi Sanitasi juga berharap bisa menjadi Rujukan untuk Kegiatan Pencegahan Covid-19 di bidang Sanitasi, seperti pembuatan masker sederhana untuk masyarakat, Disinfektan, maupun tempat cuci tangan sederhana dari bahan yang terdapat disekitar kita,” kata Agustina mewakili beberapa rekan dosennya, Albina B Telan, Debora G Suluh, Ragu Theodolfi, Olga M Dukabain, Fery Waangsir, Antonius Radja Ratu, Christina JK. Ekawati, Robisianus Akoit.

Menurut Agustina, pembagian masker merupakan bentuk sosialisasi pola hidup sehat dan bersih dalam dalam upaya pencegahan Covid-19.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan, memberikan pendidikan (edukasi) kesehatan bagi masyarakat tentang covid-19 dan membagikan masker kepada masyarakat untuk mencegahnya.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Babau, Robianto Meok berharap
kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, membangun kebersamaan untuk bersama – sama berjuang mencegah covid-19 dengan mengenakan masker yang dibagikan oleh pemerintah kelurahan Babau dan Poltekes Kupang.

Yustinus Kiuk, warga setempat menyampaikan terima kasih dengan kegiatan tersebut karena dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan dan juga mendapat perhatian dari Poltekkes Prodi Sanitasi berupa sosialisai dan informasi tentang bagaimana pencegahan Corona, apa bahanya, dan bagaimana menjaga kesehatan diri agar tidak tertular Corona.

Ia berharap agar Poltekkes Kupang Prodi Sanitasi, dapat menyelenggatakan kegiatan semacam ini pada waktu yang akan datang bagi masyarakat Khususnya di Kelurahan Babau.

Poltekes Kupang bagi masker

Demikian juga, Banbinsa setempat
Sersan Dua, Iskandar Ghani menyatakan pihaknya juga
sangat berterima kasih kepada pihak Kelurahan Babau yang melibatkan aparat dalam kegiatan pembagian masker ke pada masyarakat, sebagai wujud partisipasi dan kerja sama dalam memerangi covid-19.

Agustina mengatakan, untuk mendukung pemerintah memutuskan matarantai covid-19 masyarakat perlu mematuhi himbauan pemerintah dan WHO agar selalu mengikuti protokol penanganan covid-19, yakni ;
Menghindari kontak dengan penderita infeksi, Mencuci tangan dengan sabun, Membatasi kontak antara tangan dengan mata, hidung, dan mulut, Banyak minum air putih,
Banyak makan buah, sayuran, dan suplemen vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh.(mas)

Komentar